Liburan Ke Jogja, Jangan Lupa Mampir Ke Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Kami sangat merekomendasikan tempat yang satu ini. Jika Anda Sedang atau ingin berlibur ke Jogja rasanya wajib ke tempat wisata yang satu ini deh. Air terjun Sri Gethuk tepatnya. Di dekat air terjun ini juga terdapat gua Rancang Kencono yang konon menjadi saksi bisu perjuangan Laskar Mataram.

Lokasi air terjun Sri Gethuk ini berada di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang Unik Dari Air Terjun Sri Gethuk

Menikmati Kelapa Bakar

Sepertinya cuma ada di pantai ini yang menyajikan makanan yang cukup unik, kelapa bakar. Ketika dibayangkan memang aneh, tapi siapa sangka jika kelapa bakar yang di jual di kawasan ini cukup laku. Anda mau mencobanya?

Naik Perahu

Untuk bisa sampai ke air terjunnya, Anda harus menaiki perahu terlebih dahulu dengan biaya 20 ribu sudah termasuk pulang-pergi. Cukup seru karena menaiki perahu yang rakit sendiri dan ramai-ramai dengan wisatawan lainnya sambil mengambil foto atau video untuk dokumentasi liburan Anda.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang cukup epik. Membuat pikiran menjadi segar seketika untuk melepas penat.

Kemudian setelah naik perahu, sampailah di lokasi air terjun, kelebihan air terjun ini meskipun terhitung cukup ramai pengunjung, namun kebersihannya tetap terjaga. Semoga Anda juga ikut andil dalam menjaga kebersihannya ya.

Salah Satu Air Terjun Yang Instagramable

Bagaimana tidak, keindahan pemandangannya akan membuat Anda selalu ingin ber-selfie untuk di posting di akun sosial media. Ataupun buat Anda yang suka melakukan aktivitas vlogging, tempat yang satu ini sangat cocok.

Dijamin para penonton vlog Anda pun akan terkagum dengan pemandangan air terjun yang di tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jogja ini.

Asal Muasal Nama Sri Gethuk

Sri Kethuk. Demikian nama air terjun ini dahulu sebenarnya. Nama tersebut adalah nama salah satu Gamelan Jawa, yaitu Kethuk. Karena konon katanya dahulu warga meminjam gamelan yang muncul dari permukaan sungai jika ingin mengadakan seni pertunjukkan wayang.

Namun pada suatu ketika Kethuk ini tidak dikembalikan. Hal tersebut lah yang membuat Gamelan tidak kunjung muncul lagi ketika masyarakat pada saat itu ingin meminjamnya kembali.

Daerah Yang Tandus

Ternyata dibalik keindahan pemandangan air terjun yang indah ini, daerah Gunungkidul adalah daerah tandus, gersang dan cenderung kekeringan. Tak ayal jika Anda akan menemukan daun dari pohon Jati yang berguguran, oleh karena itu kami menyarankan untuk Anda berwisata ke lokasi ini pada saat musim kering sudah lewat.

Karena jika musim kering sudah lewat, Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan salah satu andalan wisata Gunungkidul ini, namun Anda juga bisa berenang dan menyewa pelampung, jika takut tenggelam.

Sungai Oya namanya. Berenang disungai ini tentu saja merupakan aktivitas yang sangat seru, apalagi jika Anda berani melompat dari permukaan bebatuan sungai, membuat adrenalin semakin terpacu tentunya. Bagaimana, apakah Anda ingin segera mencobanya?

Memiliki 3 Sumber Mata Air  

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa daerah Gunungkidul adalah daerah gersang, namun uniknya adalah 3 sumber mata air. Yaitu mata air Dohpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Yang merupakan sumber dari air terjun Sri Gethuk ini tidak pernah surut meskipun sedang dilanda musim kemarau, sehingga membuat debit air terjun ini tidak berkurang sedikitpun.

Bagaimana? setelah tahu keunikan yang ada di air terjun ini membuat semakin penasaran ingin kesana, kan? Tunggu palagi, segera buat kosongkan waktu Anda untuk memecahkan rasa penasaran Anda. Selamat berlibur!

Terimakasih banyak telah membaca artikel sederhana tentang Air Terjun Sri Gethuk, semoga bermanfaat.

shares
Customer Support