6 Fakta Tentang Candi Prambanan, Nomer 3 Anda harus tahu!

Candi Prambanan

Yogyakarta memang tidak pernah membuat pengunjungnya bosan dengannya. Semua ada di Jogja. Iya semua yang membuat kita betah, ada di Jogja. Apalagi tempat wisatanya.

Salah satu tempat wisata di Jogja adalah Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sudah sangat tersohor, bahkan bukan hanya di Indonesia melainkan di dunia.

Keindahan yang memukau lah yang membuat semua orang berdecak kagum dengan Candi dengan ketinggian 47 meter ini. Candi ini pula yang menjadi bukti bahwa rasa cinta lah yang membuat semuanya menjadi mungkin, lewat legenda Roro Jonggrang.

Jam Buka Candi Prambanan

Mulai dari hari Senin sampai minggu.

Buka mulai jam 06.00 – 17 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk Candi ini untuk anak anak yaitu Rp. 25.000.

Untuk orang dewasa Rp. 50.000

Untuk wisatawan mancanegara USD 25.

Lokasi Candi Prambanan
Candi ini berlokasi di jalan Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berada sekitar 17 km laut Jogja, 50 km Barat Daya Surakarta, serta 120 km Selatan Semarang. Persis sekali berada di antara perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sejarah Singkat Tentang Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan

Candi ini merupakan salah satu Candi terindah dan termegah di Asia Tenggara. Candi ini mulai dibangun pada masa pemerintahannya Rakai Pikatan pada pertengahan abad ke-9 dari Kerajaan Mataram Kuno. Setidaknya itu menurut Prasasti Siwagrha.

Tetapi karena sebab yang belum di ketahui, diakhir abad ke-10, pusat kerajaan pindah ke Jawa Timur. Sehingga membuat Candi ini menjadi terbengkalai lalu ada sebagian yang terkena letusan Gunung Merapi.

Lalu beratus ratus tahun kemudian ditemukanlah kembali reruntuhan dari Candi ini. Yang dimana pada saat itu belum di ketahui sejarah mengenai Candi ini hingga tercipta legenda Roro Jonggrang yang kemudian lebih dikenal sebagai sejarah berdirinya Candi ini karena di ceritakan turun temurun.

 

6 Fakta Tentang Candi Prambanan

1. Terdiri Dari 3 Zona

Kompleks Candi ini memiliki 3 zona. Zona yang pertama adalah zona luar. Zona kedua adalah zona tengah yang mana pada zona ini memiliki ratusan Candi kecil. Sedangkan zona ketiga ini berisi 8 Candi utama dan 8 Candi kecil, yang mana sering disebut dengan zona batin suci.

2. Di Desain Menyerupai Puncak Mahameru

Konon pada zaman dahulu, masyarakat percaya bahwa Mahameru adalah rumah para dewa. Dan menurut kismologi Hindu kuno, Candi Prambanan di rancang menyerupai gunung Semeru atau Mahameru.

Di setiap bagian dari Candi ini juga mengikuti pola dari alam semesta yang dimiliki oleh kismologi Hindu kuno.

3. Nama Asli Candi Prambanan

Tidak banyak orang tahu kalau nama asli Candi ini ialah Siwagrha. Yang artinya adalah rumah Siwa, diambil dari bahasa sangsakerta.

4. Menyerupai Mahkota

Puncak dari Candi ini di beri nama yaitu Maskata. Puncak Candi ini melambangkan mahkota intan atau halilintar. Jika Anda memperhatikannya secara detil memang puncak Candi ini berbentuk seperti mahkota.

5. Penggambaran Relief Flora & Fauna

Di dalam relief relief Candi ini terdapat jenis jenis flora & fauna yang dapat ditemui sekarang hingga yang langka. Bahkan ada beberapa penggambaran fauna yang aneh, seperti fauna yang memiliki badan manusia.

6. Jumlah Candi Yang berkurang

Jumlah Candi Prambanan ini awalnya sebanyak 240 Candi. Namun seiring berjalannya waktu, banyak Candi yang sudah runtuh karena usang oleh waktu dan juga karena bencana letusnya gunung Merapi.

Sekian Tulisan Yang Membahas Tentang Candi Prambanan. Semoga Bermanfaat.

shares
Customer Support