3 Fakta Gua Jomblang Jogja, Nomer 2 Bikin Merinding

Gua Jomblang Jogja

Cahaya Surga Dari Jomblang Jogja 

Cahaya surga yang terpancar di Gua Jomblang Jogja ini memang begitu memukau. Tak ayal jika banyak wisatawan dari luar kota yang datang kesini untuk melihat keindahan panoramanya.

Tapi Anda harus tahu timing yang tepat untuk bisa menikmati cahaya surga di Gua Jomblang Jogja ini dengan maksimal. Waktu terbaiknya yaitu dari jam 11 sampai jam 12 siang, jangan sampai terlalu siang atau terlalu sore.

Fenomena Ray Of Light di gua ini memang membuat kita takjub. Bagaimana tidak, adalah sangat tidak berlebihan jika orang-orang menyebutnya sebagai cahaya surga.

Memiliki kedalaman sekitar 90 meter membuat Anda tentu semakin tidk sabar untuk mengunjungi tempat ini, bukan? Apalagi jika Anda memang suka wahana yang membuat adrenalin berpacu dengan kencang.

1. Gua Jomblang Menjadi Ikon Geopark Dunia

Pada bulan September 2015, UNESCO menetapkan kawasan gunung Sewu sebagai anggota baru dari Global Geopark Network. Nah yang ditunjuk sebagai ikonnya yaitu gua Jomblang Jogja ini.

Gua ini posisinya sejajar dengan pulau Jeju di Korea dan pulau Langkawi di Malaysia. Keindahannya pun sudah diakui oleh dunia. Hal ini terbukti saat Amazing Race America menjadikan gua ini sebagai lokasi syuting mereka pada tahun 2011.

2. Memilki Sejarah Kelam

Di balik keindahannya yang memukau, ternyata Gua Jomblang Jogja ini memiliki sejarah yang cukup kelam. Konon katanya gua ini pernah di pakai sebagai tempat pembunuhan massal anggota PKI.

Terhitung sebanyak ratusan anggota PKI dieksekusi di tempat ini dengan cara dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat. Jadi ketika salah satu dari mereka ditembak sampai jatuh, maka yang lainnya pun ikut terjatuh.

Namun sekarang Anda tidak perlu takut lagi, karena itu bagian dari masa lalu yang hanya menjadi sejarah. Kalau dulu pernah jadi Neraka untuk para anggota PKI yang dieksekusi, tapi sekarang telah menjadi surga untuk kita semua.

3. Sudah Berumur Ribuan Tahun

Gua jomblang Jogja ini adalah salah satu dari ratusan bahkan ribuan gua yang berada di kawasan karst gunung Sewu. Umurnya yang sudah ribuan tahun ini terbentuk karena proses geologi, collapse doline.

Yaitu amblesnya tanah beserta dengan vegetasinya.  Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati di gua ini.

Wahana Dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Gua Jomblang Jogja

1. SRT-an

Kepanjangannya yaitu single rope technique. Adalah teknik meniti tali tunggal yang ada beberapa macam sistem yang digunakan. Sederahana nya adalah teknik duduk dan berdiri secara bergantian ketika menuruni gua ini.

2. Caving

Di Gua Jomblang Jogja Anda bisa melakukan aktivitas Caving. Aktivitas yang satu ini adalah wajib, atau  yang mau tidak mau Anda harus melakukannya. Karena Anda harus melakukan caving sedalam kurang lebih 90 meter untuk sampai ke permukaan dasar dari gua ini.

Setelah sampai ke permukaan Anda melakukan aktivitas trekking pada lorog gua yang gelap dan lebab sepanjang 300 meter kurang lebih untuk bertemu “cahaya surga” yang menjadi tujuan utama para wisatawan kesini. Tapi yakinlah jika telah sampai, Anda akan melupakan rasa lelah dan seram selama perjalanan ketempat tujuan Anda.

3. Rappeling

Memang agak sedikit menakutkan untuk Anda yang tidak suka dengan ketinggian, namun untuk mencapai ke dasar Anda harus melakukan aktivitas ini. Anda juga sebenarnya tidak perlu takut, karena akan ada instruktur khusus yang akan mengajarinya.

4. Vlogging

Untuk Anda yang hobi melakukan vlogging, Anda juga bisa melakukannya disini. Namun jangan terlalu berfokus dengan kamera Anda ya, karena trek disini lumayan licin, jadi Anda juga harus memperhatikan langkah kaki Anda, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Hunting foto

Rasanya tidak lengkap ya jika Tidak melakukan hunting foto di wisata yang kece ini. Selain untuk dokumentasi pribadi serta kenang-kenangan, hasil foto di gua ini tentunya bisa menjadi penambah estetika feeds instagram Anda.

Sekian artikel yang kami buat tentang Gua Jomblang untuk Anda. Selamat Berlibur!

shares
Customer Support