Seru Abis! Di Gua Pindul Jogja Ada Arung Jeram Yang Cocok Untuk Pemula

Gua Pindul Jogja

Di Jogja memang banyak sekali tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam ataupun wisata modernnya. Tapi kali ini kami akan membahas salah satu wisata alam yang ada di jogja, yaitu Gua Pindul Jogja.

Bagi Anda yang sering berlibur ke Jogja pasti sudah tahu kan tempat wisata ini yang sering dikunjungi oleh para artis untuk berlibur? Bagaimana tidak, melakukan cave tubing atau menyusuri sungai menggunakan ban dalam serta melewati stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan tentu membuat siapapun ingin mencobanya.

Kegiatan cave tubing ini hampir sama dengan aktivitas rafting atau biasa disebut dengan arung jeram. Perbedaannya yaitu kalau rafting merupakan kegiatan menyusuri sungai memakai media perahu, sementara itu cave tubing ialah kegiatan menyusuri sungai menggunakan media ban dalam.

Melakukan aktivitas cave tubing di Gua Pindul sangat cocok dilakukan bagi pemula, termasuk untuk anak kecil. Karena arus air sungai di gua ini cukup stabil meskipun hujan. Jadi Anda tidak perlu harus takut terbolak-balik terpisah dari ban dalam Anda.

Panjang Gua Pindul ini sekitar 350 meter dengan lebar yaitu 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter.

Fasilitas Yang Di Sediakan Di Gua Pindul

Wahana cave tubing di Gua Pindul ini memiliki guide untuk memandu Anda melakukan aktivitas cave tubing. Pengelola setempat juga menyediakan alat-alat cave tubing seperti life vest atau jaket pelampung, ban, dan juga headlamp atau senter kepala.

Untuk menyewa fasilitas wahana tersebut, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 – Rp. 30.000. Tentu terhitung cukup murah jika dibandingkan dengan apa yang Anda nikmati di tempat wisata ini, bukan? Namun harga bisa saja berubah sewaktu-waktu karena satu dan lain hal.

Jadwal Jam Buka Gua Pindul

Agar Anda bisa menikmati tempat wisata kece ini, tentu Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Pindul Jogja ini.

Beruntungnya Gua Pindul ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Jadi Anda tidak usah khawatir mengenai informasi waktu kapan dibukanya. Namun kami menyarankan untuk datang ke gua ini pada awal pekan, demi mengindari over crowded jika Anda datang pada akhir pekan.

Legenda Unik Gua Pindul Jogja

Legenda penamaan gua ini memang terbilang cukup unik. Juga telah di percayai oleh masyarakat di daerah ini secara turun temurun. Berasal dari perjalanan Joko Singlulung yang sedang mencari ayahnya menyusuri hutan lebat, sungai, hinga gua.

Saat sedang menyusuri 7 gua yang terdapat aliran sungai di bawahnya, ada sebuah batu sesar didalam gua yang membentur kepala Joko. Gua tempat Joko terbenturlah yang dinamakan Gua Pindul.

Gua Pindul sendiri berasal dari kata didalam bahasa Jawa pipi gebendul yang berarti pipi terbentur.

Lokasi Dan Rute Menuju Gua Pindul Jogja

Layaknya kawasan Gunungkidul pada umumnya. Di sepanjang jalan terhampar batu kapur dan pohon jati. Gua Pindul Jogja ini berlokasi di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Jika Anda dari kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil, melewati jalan Wonosari, ke arah utara kota Wonosari, letaknya sekitar 7 km. Lalu setelah melewati desa Bejiharjo, lokasi pos gua Pindul berada di ujung jalan.

Untuk sekedar informasi tambahan Anda terdapat tempat wisata sekitar gua Pindul Jogja yaitu Monumen Peninggalan Jenderal Soedirman, Gua Gelatik (Gua Kering), serta Situs Purbakala Sokoliman.

Sekian informasi yang bisa kami berikan untuk Anda terkait Gua Pindul Jogja. Sekian dan terima kasih.

shares
Customer Support