Menikmati Kesegaran Wisata Air Kota Jogja

wisata air kota jogja

Berlibur ke kota Jogja memang selalu menjadi pilihan terbaik, baik berlibur sendiri maupun bersama rombongan teman atau keluarga tercinta.

Anda mungkin sedang menyiapkan list destinasi wisata di kota Jogja yang hendak Anda kunjungi nanti. Jogja di kenal memiliki banyak destinasi wisata bersejarah seperti candi, museum, dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang mungkin akan berkeliling di kota Jogja dan merasa gerah, sangat disarankan untuk menjajal destinasi wisata air yang terdapat di Kota Jogja.

wisata di kota jogja

Berikut 6 objek wisata air di kota Jogja yang bisa Anda kunjungi, jangan lupa bawa baju renang ya!

  1. Jogja Bay Pirate Adventure Waterpark – Sleman

Wisata air atau Waterpark yang terletak di daerah Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta ini bisa dibilang adalah salah satu yang terluas dan terlengkap di Indonesia. Memiliki luas total 7 Hektar, menjadikan Jogja Bay Pirates ini memiliki banyak sekali wahana permainan air, terhitung memiliki 19 wahana yang bisa Anda jajal saat bermain disana.

Jogja Bay Pirate ini tercatat menjadi satu satunya Waterpark di Indonesia yang mengusung tema bajak laut yang memadukan unsur Pulau Jawa dan Eropa.

Jogja Bay Pirate dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB saat Weekdays, dan buka lebih awal yaitu 08.00 saat Weekends. Dengan tiket masuk mulai dari Rp 50.000, namun masih banyak pilihan paket lainnya dengan tariff yang bervariasi.

  1. Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul

Air terjun Sri Gethuk adalah salah satu spot wisata air di daerah Gunung Kidul yang hingga saat ini masih terawatt keindahannya. Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini berasal dari 3 mata air berbeda yaitu mata air Ngadong, Dong Poh, dan Ngumbul yang kemudian mengalir ke sungai Oyo.

Air Terjun Sri Gethuk ini ternyata memiliki mitos tersendiri loh! Disebutkan bahwa Seorang raja jin bernama Anggo Meduro sangat menyukai music gamelan Jawa. Dan dipercaya bahwa di air terjun inilah Ia menyimpan alat music tersebut.

Menurut masyarakat setempat, pada waktu- waktu tertentu akan terdengar suara gamelan dari arah air terjun ini, namun jika didekati maka suara tersebut akan hilang.

Jika Anda berminat mengunjungi tempat ini Anda bida dating ke Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Karena letaknya yang lumayan jauh, Anda dapat mengunjunginya dengan tracking melewati pesawahan sejauh 450 meter, atau menggunakan rakit menyusuri Sungai Oyo dengan biaya Rp 10.000 untuk pulang pergi.

  1. Goa Pindul – Gunung Kidul

Goa Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu Wisata Cave tubing yang ada di Indonesia. Kegiatan ini mengharuskan Anda menyusuri goa dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah. Terdengar seru bukan!

Bagi Anda yang mungkin baru mendengar Cave tubing tak perlu khawatir karena keamanan dan kenyamanan Anda sudah terjamin oleh para pemandu yang ramah dan professional serta dilengkapi dengan fasilitas cave tubing yang memadai.

Terdapat berbagai paket wisata yang bisa Anda pilih dengan harga mulai dari Rp 40.000 per orang. Dengan tariff tersebut Anda sudah mendapat perlengkapan tubing berupa jaket pelampung, ban pelampung, sepatu karet dan head lamp. Tentunya Anda juga akan di damping oleh seorang pemandu dan mendapat asuransi jiwa.

  1. Pantai Sadranan – Gunung Kidul

Bagi Anda yang senang berkegiatan di pantai atau laut, Anda mungkin sudah tidak asing dengan kegiatan snorkeling. Di Pantai Sadranan Anda dapat melakukan kegiatan tersebut dengan hanya  mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 saja.

Pantai Sadranan ini terletak di Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini juga menjadi rumah bagi beberapa spesies biota laut unik seperti ikan Lepu, Botana Kuning, Kerondong, Areng-areng, dan masih banyak spesies menarik lainnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari di musim kemarau, sehingga Anda juga bisa sekaligus menikmati matahari terbenam dari pantai Sadranan ini.

  1. Pantai Nglambor – Gunung Kidul

Pantai Nglambor terletak di Kelurahan Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY. Jika ingin mengunjungi pantai ini maka Anda harus menempuh jarak 74 km dari pusat kota Jogja. Dengan panorama yang indah Anda bisa menghabiskan waktu sambal bersantai ataupun melakukan kegiatan snorkeling di pantai Nglambor ini.

Karena arusnya yang cenderung tenang, maka Anda bisa snorkeling dengan leluasa sambil menikmati keindahan dalam laut seperti melihat karang, rumput laut, ikan-ikan dengan warna yang cantik, dan biota laut lainnya.

Anda hanya perlu menyewa perlengkapan snorkeling yang sudah banyak Anda temui di sekitaran pantai.

Nah, itulah beberapa wisata air di kota Jogja yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke kota Jogja baik sendiri, maupun bersama rombongan teman dan keluarga.

shares
Customer Support