Museum Dirgantara Jogja: Objek Wisata Edukasi Populer di Indonesia

Berkunjung Ke Museum Dirgantara Jogja

Tidak hanya kuliner dan pantai, Jogja juga memiliki cukup banyak museum untuk dikunjungi. Salah satunya adalah museum dirgantara Jogja.

Museum dirgantara bukanlah sembarang museum, karena memiliki nilai edukasi yang tinggi.

Museum ini merupakan satu dari sekian banyaknya objek wisata edukasi di Indonesia.

Museum dirgantara sangat cocok untuk Anda yang menyukai dunia penerbangan. Bisa juga untuk Anda yang ingin mengenalkan dunia penerbangan sejak dini kepada anak.

Terlebih lagi kalau si anak memang menyukai dunia penerbangan. Misalnya jika dia memiliki cita-cita menjadi seorang pilot.

Nah. Langsung saja. Berikut ini kami akan mengulas secara singkat tentang museum dirgantara Jogja.

Tentang Museum Dirgantara Jogja

Museum Dirgantara berlokasi di komplek TNI Angkatan Udara Yogyakarta. Museum ini bisa dikatakan cukup unik.

Karena berbeda dengan museum pada umumnya yang menampilkan sejarah kebudayaan, museum dirgantara justru menampilkan berbagai koleksi lengkap dari dunia penerbangan.

Sekedar informasi, dulunya museum dirgantara dulunya pernah berada di Jakarta.

Tapi karena Jogja merupakan tempat lahirnya TNI Angkatan Udara, maka museum dirgantara pun dipindahkan ke Jogja, tepatnya di komplek Bandara Adi Sucipto di Maguwo.

Berbagai Koleksi Di Museum Dirgantara Jogja

Tentang Museum Dirgantara Jogja

Koleksi yang ada di museum dirgantara cukup lengkap dan ditata sedemikian rupa. Museum ini memiliki 6 ruangan khusus. Yakni:

  1. Ruang utama
  2. Kronologi 1
  3. Kronologi 2
  4. Paskhas
  5. Diorama
  6. Alutsista

Para wisatawan yang berkunjung kesini akan melihat setiap ruangan yang ditata dengan baik, sehingga bisa lebih paham tentang perkembangan penerbangan di Indonesia.

Para wisatawan juga bisa meminta ditemani oleh pemandu museum, sehingga bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail dan rinci tentang museum.

Di museum dirgantara, koleksi utama yang cukup digemari oleh para pengunjung adalah pesawat terbangnya. Ada berbagai tipe pesawat terbang disini. Dari mulai pesawat angkut hingga pesawat tempur.

Semua pesawat yang ada memiliki nilai sejarah tersendiri.

Contoh: Pesawat terbang WEL-1 RI-X. Pesawat Ini adalah pesawat rakitan anak bangsa pertama, yang dibuat pada tahun 1948.

Ada juga pesawat Bomber Tu-16 yang pernah dijadikan sebagai pesawat tempur di Papua.

Selain bisa melihat fisik pesawat secara langsung, para pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi lainnya seperti foto para pejuang TNI Angkatan Udara.

Beberapa diantaranya ada foto: Agustinus Adisutjipto, Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, Adi Sumarmo, Abdul Halim Perdanakusuma, dan tokoh perjuangan lainnya.

Di museum dirgantara, para pengunjung akan menemukan berbagai koleksi seperti tanda kehormatan, buku, pakaian, senjata api, mesin pesawat, bom, radar, roket, dan parasut.

Ada juga diorama yang disusun berdasarkan kronologi peristiwa.

Dan yang tidak kalah pentingnya, para wisatawan juga bisa menyewa kostum penerbangan dan berfoto dengan kostum tersebut di dalam kokpit pesawat.

Umumnya, hasil foto ini akan langsung dipublikasikan ke media sosial.

Terakhir, hal menyenangkan lainnya bagi pengunjung yang datang ke museum dirgantara adalah: Mereka bisa “belajar terbang.”

Ya. Di museum dirgantara, para pengunjung bisa mencoba menerbangkan pesawat di ruang simulator.

***

Museum dirgantara Jogja sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Khususnya untuk anak-anak yang saat ini mulai kecanduan gadget.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin berkunjung ke museum ini, kemungkinan besar Anda membutuhkan penginapan untuk tempat bermalam.

Tapi jangan khawatir. Karena kami baituna syariah punya penginapan murah di Jogja dengan tarif sewa 50 ribu per malam untuk Anda.

Sekian, semoga bermanfaat.

shares
Customer Support