Museum Merapi Jogja: Museum Legendaris Dekat Gunung Merapi

Ulasan Tentang Museum Merapi Jogja

Museum merapi Jogja adalah objek wisata legendaris di Yogyakarta. Di museum ini Anda bisa mengetahui banyak hal tentang gunung merapi.

Museum merapi berdiri di hadapan kemegahan gunung berapi. Tujuannya supaya bisa menjadi perekam jejak gunung tua yang masih aktif ini.

Di dalam museum tersimpan gemuruh suara gunung, sehingga para pengunjung bisa mendengarkannya.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke museum ini, Anda bisa terlebih dahulu membaca ulasan kami tentang museum merapi Jogja berikut ini.

Berkenalan Dengan Museum Merapi Jogja

Sesuai namanya, museum merapi terletak di kaki gunung merapi. Hal ini memberikan kesan sejuk bagi Anda yang mengunjunginya. Karena Anda dan pengunjung lainnya akan merasakan suasana alam yang nyaman.

Museum merapi dibangun sebagai sarana pembelajaran tentang gunung merapi, yang merupakan gunung paling aktif di dunia.

Di museum ini, para pengunjung diharapkan bisa mempelajari banyak hal tentang gunung merapi.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia berada di lokasi aktif dari ring of fire vulkanik bumi, yang artinya rawan bencana.

Ini membuat pemahaman tentang geologi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman tentang mitigasi bencana.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor dibangunnya museum merapi.

Museum merapi memiliki keunikan arsitektur, karena berada di kaki bukit gunung merapi, yaitu berupa segitiga yang menyerupai gunung.

Ketika cuaca sedang cerah, para pengunjung dapat menyaksikan gunung merapi dari pelataran museum.

Museum merapi Jogja terdiri dari dua lantai:

Di lantai satu saat memasuki gedung museum, para pengunjung akan disambut dengan miniatur gunung merapi berukuran besar yang mengeluarkan suara gemuruh dan asap.

Di miniatur ini terdapat tombol tahun di salah satu sisinya, yang ketika ditekan maka akan ada peragaan erupsi sesuai dengan kondisi erupsi tahun tersebut.

Ada juga koleksi peralatan pemantau aktivitas gunung merapi seperti teleskop, seismograf, alat pencatat aktivitas gunung merapi, alat pengolah data, hingga piranti kuno untuk meneliti aktivitas gunung merapi di masa lalu.

Selain itu, terdapat informasi kawasan atau daerah yang rawan terkena bencana, dan juga sebaran yang detail mengenai endapan lava gunung merapi, yang dilengkapi dengan material endapan serta hasil muntahan lava.

Ada pula koleksi benda dari korban bunker kaliadem pada tahun 2006, yaitu berupa sepeda motor yang ketika itu terkena semburan wedhus gembel.

Di lantai dua, Anda bisa menemukan display tipe letusan gunung api, batuan dari gunung merapi sejak tahun 1930, koleksi sisa letusan tahun 2006, hingga koleksi foto-foto gunung merapi dari waktu ke waktu.

Ini semua dipajang secara kronologis sehingga mudah diamati.

Panel-panel ilustrasi di ruangan ini dibuat dengan gambar kartun, sehingga ramah bagi anak-anak. Terdapat pula foto-foto pohon dan rumah penduduk yang rusak karena dampak erupsi gunung merapi.

Salah satu koleksi yang menarik perhatian di museum ini adalah sampel batu bom yang terlihat seperti batu biasa dengan bentuk tak beraturan.

Ada cerita dahsyat di balik batu ini.

Jadi batu ini merupakan lava pijar bersuhu 700 – 1200 derajat celcius yang terlempar ke udara, dan mengalami proses pendinginan cepat, dan ketika jatuh sudah berbentuk batu padat.

Seperti museum dan tempat wisata pada umumnya, tempat ini dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, rest area, mushola, dan lahan parkir.

Pelataran museum yang cukup luas dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berfoto mengabadikan momen spesial ketika berkunjung ke tempat ini.

***

Itulah ulasan singkat kami tentang museum merapi Jogja.

Kalau Anda berasal dari luar kota dan ingin berkunjung ke museum ini, kami memiliki beberapa guest house di jogja dengan tarif murah.

Di guest house ini Anda bisa bermalam dan beristirahat bersama kerabat serta keluarga.

Anda bisa jalan-jalan sekaligus belajar tentang banyak hal mulai dari sejarah hingga peninggalan-peninggalan yang masih ada.

shares
Customer Support