Museum Nasional Jogja: Objek Wisata Edukasi Yang Menyenangkan

Wisata Museum Nasional Jogja

Museum nasional Jogja atau sering disebut sebagai Jogja National Museum merupakan salah satu tujuan wisata recommended untuk Anda yang ingin traveling sambil belajar.

Ada banyak ilmu bermanfaat yang bisa Anda dapatkan di sini. Khususnya ilmu yang berkaitan dengan sejarah Jogja dan sekitarnya.

Sedikit berbeda dengan museum pada umumnya, museum nasional di Jogja tidak hanya menampilkan tentang budaya dan sejarah saja. Tapi juga menjadi galeri bagi para seniman yang ingin mengekspresikan diri.

Tulisan kali ini akan mengulas beberapa hal penting tentang museum nasional kebanggaan warga Jogja dan sekitarnya.

Yuk simak ulasan tim Baituna Syariah berikut ini.

Sekilas Tentang Museum Nasional Jogja

Sekilas Tentang Museum Nasional Jogja

Museum nasional di Jogja ini berdiri kokoh di atas tanah seluas 1,4 hektar, yang sebelumnya merupakan bekas kampung akademi seni rupa Indonesia.

Lokasi museum ini terletak di Jl. Prof. Ki Amri Yahya No 1 Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta.

Ada beberapa ruangan yang bisa Anda temui di sini. Yaitu Fine Art Museum Gallery, Pendopo Ajiyasa, Ruang Seni Situs Patung, dan Ruang Situs Karya.

Supaya para pengunjung semakin nyaman, pihak pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas penting seperti art shop, kantin, dan free hotspot area.

Museum nasional ini terdiri dari 3 tingkat, dengan ratusan koleksi produk seni dari berbagai zaman.

Di sini juga terdapat puluhan foto yang punya nilai seni tinggi, dan menyimpan berbagai makna tersirat di dalamnya.

Intinya, pihak pengelola mengupayakan agar para pengunjung merasa nyaman dalam kunjungannya ke museum.

Koleksi Karya Seni di Museum Nasional Jogja

Karya Seni Di Museum Nasional Jogja

Museum ini memiliki beberapa koleksi karya seni, khususnya karya seni kontemporer. Dan pastinya, setiap karya memiliki ceritanya sendiri. Baik itu cerita sedih atau cerita bahagia.

Secara struktural, museum nasional ini berada di bawah naungan yayasan Yogyakarta seni nusantara, dan telah eksis di dunia seni Yogyakarta selama lebih dari 25 tahun.

Museum ini sering dijadikan sebagai tempat pertemuan antara seniman lokal dan nasional untuk memamerkan berbagai hasil karyanya.

Dan terkadang juga dijadikan sebagai tempat berdiskusi untuk hal-hal penting lainnya seputar seni.

Kalau Anda ingin menikmati banyak karya seni di museum ini, sebaiknya datang ketika ada event-event tertentu. Karena biasanya, jumlah karya seni yang ditampilkan lebih banyak ketimbang hari biasa.

Hanya saja, di event-event tertentu tersebut, para pengunjung harus membayar tiket masuk ke museum. Sedangkan untuk hari biasa, biaya masuk museum digratiskan.

***

Adanya museum nasional Jogja ini tentunya menjadi opsi tambahan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta, dan membutuhkan tujuan wisata sekaligus edukasi.

Akan lebih baik lagi jika Anda datang ke museum ini bersama dengan keluarga. Supaya bisa sama-sama berlibur sambil belajar.

Well, semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di Jogja.

shares
Customer Support