Seru! Ternyata Di Museum Sandi Jogja Ada Benda Ini

Museum Sandi Jogja

Di kota Yogyakarta memang sangat banyak sekali tempat wisata. Salah stunya adalah museum. Namun museum yang satu ini beda loh. Bagi Anda pecinta sejarah, jika sedang Melancong ke Jogja adalah wajib mendatangi museum  yang satu ini.

Museum Sandi Jogja namanya. Museum ini adalah museum kriptologi yang hanya ada satu di Indonesia, loh. Memasuki area museum tidak dikenakan biaya parkir maupun biaya masuknya. Begitu masuk ke dalam museum kita langsung diberi sebuah kertas unik yang merupakan replika sandi Caesar.

Yaitu alat yang pada jaman dahulu Julius Caesar menggunakannya untuk berbagi informasi rahasia. Dinamakan sandi Caesar karena yang pertama kali memakai adalah Julius Caesar.

Di Museum Sandi Jogja ini memampilkan berbagai koleksi persandian  bersejarah, bukan cuma Indonesia namun di seluruh dunia. Anda akan disuguhkan dengan alat-alat sandi pada masa dahulu serta berbagai diorama-diorama pada masa itu.

Pendiri Museum Sandi Jogja

Berdiri nya museum ini atas prakarsa bersama antara Sri Sultan Hamengku Buwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Nachrowi Ramli Mayjen TNI, dan Kepala Lembaga Sandi Republik Indonesia pada tahun 2006 dan diresmikan dua tahun setelahnya pda tanggal 29 Juli 2009.

Namun museum ini di resmikannya pada tanggal 29 Jnuari 2014 oleh Kepala Negara Sandi Negara, Djoko Setiadi, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Lokasi Museum Sandi Jogja

Museum ini letaknya di jalan Faridan Muridan Noto no,21 Kota Baru Yogyakarta. Dekat dengan tugu pal putih Yogyakarta, cukup strategis bukan?

Dulunya museum ini terletak di lantai dasar museum perjuangan Yogyakarta sebelum akhirnya memiliki gedung sendiri.

Maket Anyaman Bambu

Didalam museum ini terdapat maket dari anyaman bambu yang merupakan ruang kerja bagian Dinas kode pada saat itu. Pada ruangan itu terdapat 3 sekat dengan penerangan dan fasilitas seadanya. Dari sini saja kita tahu bahwa dengan peralatan dan fasilitas seadannya mereka tetap memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai benar-benar menjadi negara yang merdeka seutuhnya.

Koleksi dan Ruang Museum Sandi

Terdapat cukup banyak koleksi di Museum Sandi Jogja ini, diantaranya yaitu ada Miniatur Monumen Senapati, Peta Komunikasi Sandi dan denah Kotabaru pada masa Hindia-Belanda, foto para kepala BSSN, foto para printis Dinas Kode, replika buku kode, surat keputusan Presiden, replika sepeda kurir sandi, maket rumah sandi Dukuh, realia meja dan kursi kamar sandi Dukuh, Kulonprogo, Samigaluh, diorama pembentukan dinas kode, replika alat persandian masa Yunani kuno, Mesir kuno, dan Persia, realia mesin sandi buatan dalam dan luar negeri, Ruang merdeka, Ruang Agersi militer I, Ruang Agresi Militer II, Ruang Nusantara, Ruang Sandi Global, Ruang Edukasi, Ruang Tokoh, serta ruang lainnya.

Sandi Paling Unik

Di Museum Sandi Jogja ini terdapat sandi paling unik, yaitu sandi tatto. Dimana sandi yang menggunakan metode tertentu dengan menulisnya kepala seorang budak, yang kemudian menunggu sampai kepala budak tersebut tumbuh kembali lalu dikirimkannya sang budak kepada pihak yang ingin dikirim pesan rahasianya.

Ketika kembali lagi budak tersebut di cukur lagi sampai botak lalu di tuliskannya pesan dan menunggu sampai rambutnya tumbuh lagi. Metode sandi ini adalah metode sandi yang cukup berbeda yang membuat pihak lain tidak akan menyangka dan menebak.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi museum yang hanya satu di Indonesia ini? apalagi jika kamu ingin menjadi hacker, kamu wajib datang ke museum ini untuk mempelajari dunia persaindian.

Terimakasih sudah membaca tentang Museum Sandi Jogja, semoga bermanfaat.

shares
Customer Support