Tenyata Ada ini! Anda Wajib Datang Ke Pantai Parangkusumo Jogja!

Pantai Parangkusumo Jogja
Pantai yang satu ini memang seru abis. Bagaimana tidak, hamparan pasir nya bersih layaknya belum terjamah oleh banyak orang. Jika di bandingkan dengan pantai Parangtritis, memang pantai ini tidak kalah indahnya walaupun masih kalah tenar namanya.

Pantai yang terkenal dengan indah panorama sunset-nya ini menyimpan banyak cerita mistisnya loh, membuat rasa penasaran ingin mengulik tentunya.

Menurut kami pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Begitu pula dengan pantai Seruni Jogja dan pantai Parangtritis. Di pantai ini Anda dilarang benerang dan mandi di sekitaran pantai.

Pantai Parangkusumo Jogja ini berlokasi di Kabupaten Bantul, berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Jogja. Jika ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat akan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.

Pantai Parangkusumo ini tak pernah absen dari berbagai macam ritual. Mulai dari Tirakatan, Semedi, Labuhan dan Labuhan Ageng, hinga Upacra Melasti. Pantai yang dikenal sebagai pantai sakral ini memang sering diadakan acara-acara ritual yang didakan oleh masyarakat setempat ataupun utusan dari Keraton Yogyakarta.

Selain memiliki mitos dengan berbagai ritual yang di gelar, pantai ini memiliki keindahan sunset yang dimilikinya. Belum lagi hamparan pasir yang bersih yang akan memuat Anda ingin berlama-lama di pantai ini.

Di pantai yang terkenal dengan cerita Nyi Roro Kidul ini ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati, yaitu Anda bisa menaiki kereta kuda dengan tarif sebesar 20 ribu untuk sekali putaran ataupun Anda bisa menyewa ATV dengan tarif 50 ribu untuk 15 menit.

Sejarah Singkat Tentang Pantai Parangkusumo

Masyarakat Jogja memang meyakini adanya hubungan yang spesial antara Nyi Roro Kidul selaku penguasa pantai selatan dan keraton Jogja.

Oleh karena itu tidak heran memang jika Pantai Parangkusumo Jogja ini Sering menjadi tujuan peziarah jika telah tiba bulan Sura dalam kalender jawa. Begitu juga pada hari biasa yang bertepatan dengan malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.

Oleh karena itu tidak heran pula jika Anda mencium bau wangi kemenyan tepat saat Anda mengunjungi pantai Parangkusumo Jogja ini. Konon katanya hubungan antara Nyi Roro Kidul dengan Keraton Jogja dimulai sejak Panembahan Senopati yaitu pendiri kerjaan Mataram.

Sensasi Sandboarding Di Gumuk Pantai Parangkusumo Jogja

Terdapat wahana yang cukup menarik di pantai ini, yaitu Anda bisa dengan bebas merasakan berseluncur menggunakan papan diatas pasir layaknya di film-film.

Atau mungkin untuk Anda yang takut akan resiko terjatuh, cukup dengan berfoto di spot ini. Yang tak kalah kece nya adalah gumuk pasir adalah satu-satunya area Sandboarding di Asia Tenggara loh.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 3 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati wahana langka yang agak memacu adrenalin ini. Namun tarif ini sewaktu waktu dapat berubah karena satu dan lain hal. Tapi yang pasti Anda bisa menikmati wahana ini dengan biaya yang terjangkau, bukan?

Akses Menuju Ke Pantai Parangkusumo Jogja

Jika saat ini Anda dari jalan Malioboro, terus menuju perempatan titik nol kilometer lurus terus, lalu belok kiri – ambil jalan ke perempatan Gondoman setelah itu belok kanan ke jalan Brigjen Katamso – lalu lurus terus ke perempatan jalan Parangritis, kemudian lurus terus dan perhatikan papan penanda Pantai Parangkusomo. Mudah sekali bukan aksesnya?

Sekian Artikel dari Kami tentang Pantai Parangkusumo Jogja. Semoga Bermanfaat dan selamat berlibur.

shares
Customer Support