Pesona Pantai Sadeng Yogyakarta Yang Harus Anda Ketahui!

Pantai Sadeng Yogyakarta

Jika Anda pecinta pantai pasti akan suka dengan pantai yang satu ini. atau jika Anda sudah terlalu sering ke pantai pantai tenar lainya di Jogja, Anda bisa mencoba pantai yang satu ini. Jika pantai indah lainnya d Jogja tidak di perbolehkan untuk berenang, berbeda halnya dengan pantai satu ini.

Di pantai ini Anda di perbolehkan untuk benerang, karena ombaknya tidak terlalu besar. Pantai Sadeng Yogyakarta ini surga nya para Nelayan. Jika Anda sedang mencari tempat wisata pantai yang bisa berenang sekaligus bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan, maka Pantai Sadeng Yogyakarta ini adalah jawaban yang tepat.

Pantai Yang berada di Gunungkidul ini selalu ramai pengunjung loh, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pesona dari hamparan pasir bersih dan desiran ombak yang tenang serta pemandangan langit yang Indah ini lah yang jadi alasan para wisatawan mengunjungi pantai ini.

Sejarah Singkat Tentang Pantai Sadeng Yogyakarta

Pada tahun 1983, para nelayan Gombong memutuskan merintis perkampungan nelayan dan menjadikan Pantai Sadeng ini sebagai tempatnya. Setelah 30 tahunan berlalu, kini tempat ini sudah berkembang pesat menjadi pelabuhan yang ramai.

Memang nampaknya pantai Sadeng Yogyakarta ini bukan hanya Pelabuhan ikan saja, karena konon lokasi ini juga dahulunya adalah muara dari sungai Bengawan Solo Purba.

Beberapa Objek Wisata Di Pantai Sadeng Yogyakarta

Layaknya pantai lain yang tersedia beberapa objek wisata pada sekitar kawasan pantai, di pantai Sadeng ini Anda bisa menikmati beberapa objek wisata kece, seperti:

1.Aktivitas Perkampungan Nelayan

Disini Anda bisa menyaksikan secara langsung aktivitas para nelayan. Mulai dari para nelayan yang sedang membersihkan perahu, membawa ikan dari hasil tangkapan menuju tempat pelelangan ikan, hingga proses penggilingan es untuk mendinginkan ikan.

Kini Pantai Sadeng telah menjadi pelabuhan pendaratan ikan utama dan paling maju di daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan ada nya pondokan, koperasi nelayam, perahu bermotor yang berukuran cukup besar hingga terminal pengisian bahan bakar.

2.Menjajakan Wisata Kuliner Seafood Ala Pantai Sadeng

Tidak hanya memiliki pemandangan yang epik, pantai ini juga menjajakan seafood terkenal sebagai wisata kuliner andalannya. Karena tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai Sadeng namun tidak mencicipi kuliner seafoodnya.

Anda tidak perlu khawatir masalah harga, karena di pantai ini menawarkan sefood nikmat dengan harga terjangkau yang tidak terlalu merogoh kocek tentunya.

3.Menikmati Telaga Suling

Telaga ini diyakini sebagai sisa aliran sungai dari sungai bengawan solo purba oleh penduduk sekitar. Telaga ini memiliki lembah di tengahnya. Karena tanahnya yang subur, lembah ini kini telah berfungsi sebagai ladang Palawija oleh masyarakat sekitar.

4.Sensasi Memancing Di Pantai Sadeng

Pantai ini bisa dibilang surganya untuk Anda yang hobi memancing. Betapa tidak, banyak sekali spot spot bagus untuk memancing di pantai ini.

Mulai dari ikan kerapu, ikan tuna, hingga ikan kakap sangat berlimpah disini, Anda yang jago memancing pasti akan langsung panen di hari Anda memancing saat itu juga.

5.Menaiki Perahu Nelayan

Jika Anda ingin memiliki pengalaman berbeda yang bisa memberikan sensasi tersendiri, Anda bisa menikmati perahu nelayan terapung di tengah lautan. Disini dengan mudahnya Anda dapat menyewa perahu para nelayan mengingat tempat ini memang sangat banyak perahu.

Rute Dan Akses Menuju Pantai Sadeng Yogyakarta

Pantai Sadeng ini terletak diantara dua desa yaitu Desa Pucung dan Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari Kota Yogyakarta, lokasi pantai Sadeng kurang lebih berjakar 80 km, namun jika dari arah Kota Wonosari hanya berjarak sekitar 46 km. Akses dapat di capai menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Rute menuju Pantai Sadeng jika dari kota Yogyakarta adalah menuju arah Wonosari, lalu di pertigaan Desa Mulo ambil jalur kiri yang menuju ke arah Mantel, lalu ambil jurusan Bintaos, setlah itu ke arah Tepus, kamudian nanti Anda akan menemukan pasar Jipetu, kemudian Anda belok kanan di pertigaan pasar Jipetu tersebut, kemudian belok kearah, lalu cari Desa Girisubo. Simpel bukan?

Sekian artikel yang dapat kami rangkum mengenai Pantai Sadeng Yogyakarta. Sekian dan terimakasih.

 

shares
Customer Support