13 Kuliner Maknyuus Di Pasar Beringharjo Jogja Yang Wajib Anda Coba!

Pasar Beringharjo Jogja

Rasanya belum jalan-jalan ke Jogja memang kalau belum mampir ke pasar satu ini.

Pasar Beringharjo namanya. Bagaimana tidak? Para turis bule saja banyak sekali berseliweran di pasar ini untuk membeli berbagai macam belanjaan untuk mereka bawa pulang maupun untuk mereka langsung coba disana.

Pasar Beringharjo Jogja yang terletak di jalan Malioboro ini menyajikan kuliner yang enak dan juga tidak terlalu merogoh kocek tentunya. Bahkan ada loh beberapa kuliner yang hanya bisa Anda temukan disini.

Jadi jika Anda sedang melancong ke tempat yang dikenal sebagai kota Pelajar ini bingung untuk mencari tempat oleh-oleh sekaligus terdapat kuliner yang ramah dengan kantong, Anda bisa coba tempat satu ini.

Sejarah Singkat Tentang Pasar Beringharjo Jogja

Pada tanggal 24 Maret 1925, Sultan Hamengkubuwono VIII memberikan nama pasar ini dengan nama pasar Beringharjo.

Beringharjo merupakan dua kalimat gabungan dan dua makna yaitu bering (kawasan ini dulunya hutan beringin) dan harjo (diharapkan dapat memberikan kesejahteraan).

Pasar beringharjo ini merupakan pasar pertama di Yogyakarta yang menjual kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan yang tersier, seperti barang-barang antik dan lainnya.

Karena pasar ini merupakan pasar pertama kali yang dibangun, maka pasar ini dulunya berfungsi layaknya mall, yang menjual segala kebutuhan masyarakat Jogja pada masa itu.

Memang pasar ini sudah lama sekali berdiri, namun pasar yang ber arsitektur campuran antara tradisional Jawa dan Kolonial ini masih tetap ramai pembeli, bahkan cenderung mengikuti tren.

Banyak pengunjung dari domestik maupun mancanegara yang ingin mencari oleh-oleh disini. Ya, pasar ini mampu beradaptasi dengan menjual banyak oleh-oleh khas Jogja.

Beberapa fakta di pasar Beringharjo:

  • Terdapat banyak wanita lansia yang menjadi kuli panggul.
  • Banyak terdapat kerajinan dari tas kain dan juga tanah liat, bambu, rotan.
  • Tas kulit yang bervariasi harga dan modelnya.
  • Memiliki 3 lantai.
  • Terdapat banyak koleksi batik, mulai dari kain batik yang terbuat dari sutra maupun katun.
  • Anda bisa membeli jamu tradisional sampai uang kuno di pasar ini

Berikut ini adalah Kuliner Lezat Di Pasar Beringharjo Jogja Yang Harus Anda Coba!

Ya memang di Jogja terkenal akan kulinernya yang lezat serta bervariasi, namun di pasar Beringharjo Jogja ini ada beberapa kuliner yang selain lezat juga unik, berikut kami telah merangkumnya:

1. Gudeg Pasar BeringHarjo

Siapa sih yang tidak tahu makanan khas jogja yang satu ini. Salah satu makanan khas Jogja yang bikin kangen karena rasa manisnya, yaitu gudeg. Ya gudeg memang banyak dijual di sekitaran Jogja.

Dari yang lumayan mahal sampai yang murah sekali. Namun di pasar Beringharjo Jogja ini adalah salah satu gudeg terbaik. Anda wajib coba.

2. Sate Kere Ala Ibu Suwarni

Rasa sate yang manis dan gurih ini akan membuat Anda tergoda mencobanya ketika melewati aroma asapnya yang menggoda. Bagaimana tidak, terbuat dari gajih sapi pilihan serta kulit ayam yang memang tidak diragukan lagi kenikmatannya.

3. Kethak Manis

Kethak ini memang terbagi menjadi dua rasa, yaitu manis dan pedas. Namnun jika di pasar ini Anda akan menemukan kethak dengan rasa yang manis. Terbuat dari bahan baku ampas kelapa yang telah diambil minyaknya. Memang agak bau, tapi rasanya lezat kok.

4. Growol

Makanan khas jogja ini bertekstur agak berpasir, namun bukan terbuat dari pasir ya. Daripada penasaran sendiri, lebih baik Anda mencobanya langsung sendiri.

5. Biskuit Jahe

Biskuit yang cocok di padukan dengan susu hangat ini memang nampol banget. Anda wajib banget cobain biskuit jahe di pasar Beringharjo Jogja ini.

6. Bakmi Pentil

Bakmi ini cukup asin jika di banding dengan bakmi pada umumnya, oleh karena itu Anda harus menambah sedikit sambal. Tapi jangan berpikir ngeres dulu ya membaca nama kuliner satu ini. Bakmi ini dinamakan bakmi pentil dikarenakan bentuknya yang mirip dengan pentil sepeda lho.

7. Bolu Emprit

Bolu yang mirip es krim ini bertekstur keras loh. Namun jika sudah masuk ke lidah langsung meleleh layaknya kue semprit. Tentu enak, bukan?

8. Roti Kolumbien

Roti yang mirip cakwe ini cenderung ringan meski terlihat besar dan agak mengembang. Konon kuliner yang satu ini dahulu sering dimakan oleh orang menengah kebawah.

Tapi dengan mencoba kuliner khas Jogja satu ini tidak lantas membuat kamu menjadi orang dengan kelas menengah kebawah kok.

9. Sup Kembang Waru Beringharjo

Dari namanya memang terkesan horor, tapi siapa sangka kalau rasanya memang harus diakui kelezatannya.

10. Pecel Lontong Mbak Sri Cilik

Pecel yang satu ini selalu ramai dikunjungi karena memang rasanya yang diatas rata-rata pecel lontong biasa. Recommended deh.

11. Warung Empal Bu Warno

Empal bu Warno ini memang super maknyus. Apalagi kalau ditambah dengan sambal. Bakal nagih deh.

12. Soto Pithes Buk Sutri Riwet

Soto ini beda dari soto yang lain, karena rasanya yang manis. Penasaran kan? Langsung saja Anda ke pasar Beringharjo Jogja untuk mencoba kuliner yang satu ini.

13. Blondho

Kuliner satu ini terbuat dari ampas kelapa yang sering dipakai untuk kuah gudeg yang kental.

***

Sekian sedikit informasi dari kami terkait Pasar Beringharjo Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat berlibur.

shares
Customer Support