10 Rekomendasi Wisata Sejarah | Guest House Murah di Yogyakarta

Keraton Jogja

Jika kita membicarakan sebuah kota yang memiliki banyak pilihan wisata menarik, tentu kota Jogja lah yang terlintas di kepala. Ya, memang kota Jogja dikenal memiliki banyak wisata yang menarik, baik itu wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner yang bisa kita nikmati.

Banyaknya pilihan wisata yang bisa mengisi masa libur kita, selain itu kita juga bisa lebih mengenal sejarah yang pernah terjadi dengan mengunjungi destinasi wisata sejarah yang ada di kota Jogja. Dengan begitu kita bisa liburan seru sambil belajar hal baru.

10 Destinasi Wisata Sejarah di Jogja Rekomendasi Guest House Murah di Yogyakarta

Berikut ini 10 Destinasi Wisata Sejarah di Jogja Rekomendasi Guest House Murah di Yogyakarta :

 

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibuat oleh Belanda pada jaman kolonialisme dengan tujuan utamanya yaitu memberikan efek intimidatif pada Keraton Jogja. Benteng yang pada awalnya diberinama benteng Rustenberg ini juga memiliki peran penting, dimana benteng ini menjadi markas resmi VOC untuk memata-matai pergerakan dari Keraton.

Benteng ini memiliki sejarah yang panjang dan sangat menarik untuk Anda ketahui, Anda bisa mengunjunginya saat berlibur ke Jogja. Banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang akan membangkitkan semangat kita.

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

 

2. Monumen Serangan Umum Sebelas Maret

Seperti namanya, monument ini didirikan untuk mengenang serangan besar guna merebut kembali Jogja. Serangan yang dipimpin langsung oleh Soeharto ini bertujuan untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia masih ada.

Monument ini didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang ikut serta dalam penyerangan pada waktu itu. Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung kesini jika berada di sekitar Jogja.

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

 

3. Museum Monumen Jogja Kembali

Dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan tujuan menandakan keberhasilan Indonesia merebut kembali Jogja dari tangan Belanda. Bangunan ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan para pejuang. Pada pintu masuk, terdapat 422 nama yang dipahat dengan rapi, nama-nama tersebut merupakan nama para pahlawan yang gugur Wehrkreise III (RIS) pada tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949.

Selain mengenal sejarah Jogja dan Indonesia, Anda juga akan menemukan banyak spot menarik untuk berfoto dan mengabadikan momen.

Lokasinya berada di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

 

4. Museum Perjuangan Yogyakarta

Pada awalnya museum ini bernama Monumen Setengah Abda Kebangkitan Nasional. Dibangun pada tahun 1959. Didalamnya tersimpan banyak barang-barang yang memiliki nilai sejarah tinggi. Selain barang yang bersejarah, tendapat pula barang yang bernilai seni tinggi. Terdapat banyak ukiran dengan berbagai makna.

Museum ini akan membangunkan semangat dan cinta tanah air yang tertanam dalam diri Anda. Dengan begitu, Anda wajib mengunjunginya ketika berlibur di kota Jogja.

Lokasinya berada di Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

 

5. Taman Sari

Taman sari adalah bangunan yang merupakan bagian dari Keraton Jogja. Dibanguan dengan tujuan sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja. Terdapat banyak bagian bangunan dan lokasi yang bisa Anda lihat, juga terdapat banyak spot instagramable bagi Anda yang senang berfoto.

Anda akan menemukan banyak bangunan khas keraton Jogja dengan berbagai ornamentnya. Terdapat pula kolam dan bangunan lainnya yang tak kalah menarik.

Lokasinya berada di Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

 

6. Desa Wisata Kinahrejo

Desa Kinahrejo merupakan salah satu desa yang letaknya dekat dengan gunung Merapi. Desa ini lenyap setelah letusan Merapi tahun 2010 silam. Terdapat beberapa benda yang tersisa dan kini dijadikan lokasi wisata bersejarah yang bisa mengenang kejadian tersebut.

Anda bisa mengunjungi bekas rumah Mbah Marijan, dan benda lainnya yang telah dikumpulkan oleh pengelola lokasi wisata tersebut.

Lokasinya berada di Jl. Kinahrejo Km. 22, Kinarejo, Umbulharjo, Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

 

7. Kotagede

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di jaman 1700-an, maka tempat ini wajib Anda kunjungi. Lokasi ini adalah tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram Baru. Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun candi Borobudur dan candi Prambanan.

Disi banyak lokasi spot yang menarik dan instagramable. Disini juga terdapat toko-toko perak tradisional. Dahulu lokasi ini merupakan rumah-rumah para bangsawan.

 

8. Goa Selarong

Tempat bersejarah yang satu ini sangat berkaitan dengan pahlawan kita yaitu Pangeran Diponegoro. Goa ini merupakan markas gelirya Pangeran Diponnegoro dalam peperangan melawan Belanda. Goa ini juga dianggap memiliki nilai mistis bagi sebagian orang.

Anda bisa menikmati wisata bersejarah yang satu ini dengan membayar tiket masuk sebesar 2000 rupiah per orangnya.

Lokasinya berada di Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

 

9. Kampung Pecinan Ketandan

Kampung ini merupakan tempat bersejarah yang terletak di pusat keramaian perbelanjaan Malioboro. Karena keramaian itulah, kini kampung ini seakan terlupakan keberadaannya. Padahal sejarah tentang kesuksesan para pedagang Tionghoa berawal dari kampung ini.

Jika Anda ingin mengunjunginya mudah saja, kampung ini berada di sebelah utara Pasar Beringharjo. Disini Anda bisa melihat ornament-oramen khas tionghoa, ada juga beberapa toko yang memiliki sejarah panjang, seperti Toko Roti Djoen yang sudah berdiri hampir 100 tahun.

 

10. Keraton Jogja

Keraton Jogja

Keraton Jogja atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan keluarga kesultanan.Anda bisa mengunjunginya setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00. disini juga terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replica pusaka keraton, dan gamelan.

Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Saat berkunjung, Anda bisa menyaksikan pagelaran Seni di Keraton Jogja ini. Di adakan setiap hari dan  dimulai pada pukul 09.30. adapun music gamelan yang diadakan tiap hari senin dan selasa. Pada hari rabu akan diadakan pertunjukan wayang golek, sedangkan hari kamis ada pertunjukan tari. Pada jumat diadakan Suka Macapat, hari sabtu ada wayang kulit, sedangkan hari minggu ada pertunjukan wayang orang dan pertunjukan tari.

Biaya untuk masuk kawasan ini hanya 7000 rupiah saja untuk wisatawan local, dan 12.500 rupiah untuk wisatawan asing. Disini juga terdapat tempat makan, dan jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas keraton Jogja untuk dibawa pulang, maka Anad bisa membelinya di banyak toko cinderamata yang tidak jauh dari kawasan Keraton Jogja.

Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Nah, apakan Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata sejarah di Jogja ini? Jika iya, maka Anda wajib menyempatkan diri untuk berkunjung saat berlibur di Jogja.

Guest House Murah di Yogyakarta

shares
Customer Support