Situs Warungboto: Spot Foto Epik Kaum Milenial 

Situs Warungbroto

Situs warungboto merupakan salah satu destinasi wisata kece yang ada di Jogja. Megahnya bangunan yang dulunya menjadi tempat istirahat keluarga kerajaan ini membuat para wisatawan yang datang kesini semakin ramai.

Apalagi di zaman yang serba digital ini. Selain ingin mengetahui sejarah tentang Tempat wisata ini, wisatawan juga ingin berselfie untuk diunggah di sosial media mereka. Anda pun menginginkannya juga bukan?

Keberadaan situs ini sebenarnya memiliki kaitan erat dengan sejarah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Fungsinya pun hampir mirip dengan istana air Taman Sari.

Sempat dilakukan renovasi dan rehabilitasi beberapa kali, akhirnya Badan Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta telah meresmikan Situs Warungboto ini.

Namun untuk beberapa waktu kebelakang, situs budaya ini sempat sepi pengunjung. Adalah karena foto prewedding anak Bapak Presiden Jokowi, yakni Kahiyang dan Bobby lah tempat ini menjadi hits.

Sejak saat itulah yang berkunjung ke Situs Warungboto ini mulai ramai. Tentunya untuk mengambil foto seperti kahiyang dan bobby.

Beberapa fakta tentang Situs Pesanggrahan Warungboto:

  • Situs Warungboto ini jadi objek wisata baru di jogja, karena berbentuk unik.
  • Bernama asli Pesanggrahan Rejowinangun.
  • Mulai ramai dikunjungi wisatawan karena Awkarin dan foto prewedding nya kahiyang-bobby.
  • Sempat menjadi tidak diperhatikan sebelum akhirnya direnovasi oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Memiliki banyak ruang, dari mulai ruang utama hingga ruang pendukung. Ruang utama terbagi menjadi dua bagian yaitu kolam dan ruang pengimaman.
  • Ada ruang yang khusus untuk istirahat kerabat keraton yang ada kolamnya.
  • Sudah menjadi bagian cagar budaya yang dilindungi oleh undang-undang.

Sejarah singkat Tentang Situs Warungboto

Situs warungboto pertama kali dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada masa pemerintahannya, lalu diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II.

Selain untuk tempat peristirahatan, dulunya situs ini juga digunakan sebagai tempat pemandian bagi Raja dan keluarganya, karena disini terdapat umbul atau sumber mata air.

Situs pesanggrahan ini ternyata bukan hanya sebagai tempat pemandian saja loh, melainkan untuk mendukung sarana dan prasarana demi keberlangsungan eksistensi keberlangsungan kerajaan itu sendiri.

Selain itu, pesanggrahan ini juga dibangun karena aspek pertahanan karena lokasinya yang secara tidak langsung memberikan perlindungan kepada Keraton itu sendiri.

Memang ada beberapa Pesanggrahan yang di bangun oleh Sultan Hamengku Buwono I, salah satunya adalah Pesanggrahan Ambarketawang, Pesanggrahan Taman Sari, dan juga  Pesanggrahan Krapyak.

Sedangkan Sultan Hamengku Buwono II yang disebut-sebut merupakan “raja pembangunan besar”, telah membangun Pesanggrahan Rejowinangun, Pesanggrahan Purworejo, Pesanggrahan Pelem Sewu, dan Pesanggrahan Rejokusumo.

Pesanggrahan Rejowinangun atau Situs Warungboto ini mulai dibangun pada tahun 1785. Pesanggrahan ini juga pernah dikunjungi oleh pejabat Belanda pada tanggal 5-15 Agustus 1788.

Alamat Dan Rute Menuju Situs Warungboto

Berlokasi di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs warungboto ini berlokasi sekitar 1,5 km di selatan kebun binatang Gembira Loka.

Tetapi jika dari pusat kota Malioboro jaraknya hanya sekitar 4,8 kilometer.

Untuk memasukinya, Anda cukup hanya membayar biaya retribusi parkir sebesar 3 ribu rupiah. Sedangkan untuk masuk ke area situs, penjaga parkir akan mengarahkan Anda menuju gang kecil yang berada disebelah situs.

Untuk jam bukanya, seperti office hour biasa yaitu dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Kecuali jika sepi biasanya sudah tutup di jam 5 sore.

Itulah beberapa informasi yang berhasil kami rangkum tentang Situs Warungboto Jogja. Terimakasih telah membaca artikel kami, sekian.

shares
Customer Support