Taman Pintar Jogja: Tempat Berlibur Sambil Belajar

Wisata Di Taman Pintar Jogja

Salah satu aktivitas liburan seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil adalah mengajaknya bermain sambil belajar. Salah satunya ke taman pintar Jogja.

Ya. Jogja sebagai salah satu kota tujuan berlibur bagi banyak wisatawan juga memiliki objek wisata edukasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Apalagi saat ini, tersedia banyak penginapan murah di Yogyakarta untuk tempat bermalam.

Taman pintar di Jogja ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal. Khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga, dan ingin mengajak buah hatinya berlibur dengan konsep bermain sambil belajar.

Objek Wisata Edukasi Di Taman Pintar Jogja

Wisata Edukasi

Taman pintar adalah taman bermain yang dilengkapi dengan informasi seputar ilmu sains, sehingga anak-anak bisa belajar dan melihat sains secara langsung.

Taman ini dibagi ke dalam beberapa area seperti:

  • Gedung oval-kotak
  • Area kreativitas
  • Planetarium
  • Wahana bahari

Setiap arena memiliki tiket masuk yang berbeda-beda. Baik dari segi harga maupun beberapa tata cara lainnya.

Wahana Bermain Taman Pintar Jogja

Wahana Bermain

Di taman pintar, Anda dan keluarga akan menemukan berbagai wahana permainan untuk anak, sekaligus bisa membuat mereka bermain sambil belajar.

Contohnya planetarium yang menggunakan sistem proyektor digital untuk memperagakan benda langit.

Supaya mendapatkan kedekatan emosional, gambar yang ditampilkan berupa suasana langit malam di Yogyakarta. Seperti bulan, bintang, planet, matahari, hingga hujan meteor.

Gambar-gambar tersebut diproyeksikan dalam media kubah berbentuk 1/2 lingkaran, dengan durasi tayang 30 menit. Hal ini terbukti berhasil membuat pengunjung menikmati pertunjukan.

Ada juga kegiatan membatik untuk si kecil.

Berbeda dari membatik tradisional biasanya, di taman pintar sistem pewarnaannya menggunakan cairan pewarna. Cairannya bening, tapi setelah digunakan (Ke kain) dan dibiarkan sesaat, maka akan timbul warna.

Kreasi Melukis

Kegiatan seru lainnya adalah melukis gerabah yang sudah disediakan. Sehingga anak-anak bisa belajar melukis tanpa perlu membuatnya dari awal.

Para petugas akan memberikan beberapa gerabah kering dengan berbagai bentuk hewan dan bentuk lainnya.

Disini anak-anak akan diuji kreativitasnya dalam mewarnai gerabah. Tujuannya supaya mereka bisa menikmati aktivitas liburan yang menyenangkan ini.

Nah, kalau anak-anak belum puas dengan hanya mewarnai gerabah, maka mereka bisa membuatnya secara langsung.

Pembuatan ini juga tidak sampai tahap pembakaran. Karena setelah gerabah selesai dibuat, hanya akan dijemur hingga kering saja.

Wahana lainnya yang perlu untuk dicoba di taman pintar Jogja adalah wahana oval-kotak.

Wisata Edukasi

Gedung wahana ini berbentuk oval dengan isi yang berhubungan dengan science. Mulai dari para tokohnya hingga hasil penemuan mereka.

Contohnya ada zona Generator Van De Graaff, dimana anak-anak bisa praktek langsung dengan alat peraga yang menghasilkan listrik statis, sehingga membuat rambutnya berdiri.

Zona lainnya adalah zona iklim, yang mengenalkan tentang iklim, cuaca, dan simulasi gempa bumi.

Ada juga zona air, teknologi populer, nutrisi, dan zona memorabilia yang berisi barang-barang dan foto milik presiden Republik Indonesia.

Well, itulah sekilas tentang taman pintar Jogja.

Bagaimana? Tertarik membawa anak Anda bermain di taman pintar?

shares
Customer Support