Taman Sari Jogja Wisata Bersejarah di Kota Yogyakarta

Taman sari Jogja

Taman sari keraton Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama taman sari Jogja / Pemandian Putri merupakan salah satu kawasan wisata bersejarah yang terletak di kota Yogyakarta tepatnya Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini seringkali dimanfaatkan sebagai tempat wisata edukasi.

Taman sari Jogja merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang berfugsi sebagai destinasi wisata, namun juga merupakan tempat ritual oleh keluarga kerajaan.

Bangunan dengan bentuk arsitektur Portugis-Jawa ini sangat menjadi daya Tarik utama dari kota Jogja. Namun sayangnya kondisi bangunan tak lagi utuh seperti saat masih difungsikan sebagai taman kesultanan, tetapi tetap saja masih terlihat keindahannya.
Mempunyai julukan “Istana Air Jogja” taman sari Jogja ini mempunyai konsep arsitektur yang berbeda dengan keratin Jogja. Karena bangunan ini lebih condong tematik dengan lebih mengutamakan bagian pemandian.

Taman sari Yogyakarta
Dahulu kala taman sari Jogja bukan hanya sekedar taman rekreasi semata, melainkan sebagai benteng pertahanan. Hal ini dibuktikan dengan tembok masjid taman yang tebalnya mencapai 125 cm. Wow tebal juga ya!
Letaknnya yang tidak jauh dari Keraton Jogja, taman sari Jogja bisa Anda tempuh hanya dengan waktu 15 menit dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Butuh penginapan murah yang nyaman saat di Jogja?
Klik >> Guest House di Jogja

Biaya Masuk Taman Sari Jogja

Taman sari Jogja dibuka untuk umum mulai jam 8 pagi dan ditutup jam 2 siang dengan tarif sebesar Rp 5000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 7000 untuk wisatawan asing. Dan ada tiket masuk untuk kamera sebesar Rp 2000.
Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa tour guide, Anda dapat dikenakan biaya Rp 25.000 saja.
Disana terdapat banyak toko cendramata yang bisa Anda beli sebagai kenang-kenangan ataupun oleh-oleh. Juga terdapat toilet dan tempat parkir.

Spot Menarik yang wajib Anda kunjungi selama di Taman Sari Jogja

1. Kolam Taman Sari
Begitu Anda memasuki kawasan taman sari Jogja, Anda akan langsung disambut dengan 2 buah kolam yang terletak didekat pintu gerbang taman sari Jogja. Disekitar kolam dihiasi oleh berbagai ornamen mirip air mancur dengan bentuk seperti kepala naga.

2. Gapura Panggung
Didekat kolam tadi terdapat gapura panggung yang pada zaman dahulu hanya raja dan kaluarganya saja yang boleh masuk. Diatas gapura itulah biasanya sang raja menikmati keindahan dan kemegahan taman sari Jogja.
Gapura panggung tersebut dilengkapi tangga yang terbuat dari kayu jati dengan kondisi yang masih kokoh hingga sekarang.

3. Gapura Agung
Bangunan yang juga tak kalah megah adalah Gapura Agung. Pada masanya, gapura agung digunakan sebagai lokasi transit bagi kereta kencana kesultanan. Kereta ini biasa digunakan oleh sultan dan keluarga kesultanan lain.

4. Sumur Gamuling
Tempat ini merupakan salah satu tempat yang memiliki keunikan tersendiri. Sumur gamuling bukan sumur tempat mengambil air, melainkan sebuah masjid bawah tanah. Selain berfungsi sebagi masjid bawah tanah, sumung gamuling juga berfungsi sebagai bungker perlindungan bagi elit kesultanan ketika kesultanan mengalami serangan yang membahayakan.

Masjid ini mempunyai bentuk melingkar hingga 360 derajat dengan dua tingkat dan bagian tengahnya berlubang. Sehingga ketika imam memimpin sholat, maka suara imam akan terdengar ke seluruh penjuru ruangan.

Keunikan lainnya dari Sumur Gamuling Adalah ketebalan tembok yang mencapai 125 cm yang terbuat dari batubara yang direkatkan menggunakan bahan alami seperti putih telur.

5. Gedung Kenongo
Bangunan Gedung Kenongo merupakan bangunan paling tinggi yang terdapat di kompleks taman sari Jogja. Pada zamannya, gedung ini berfungsi sebagai tempat jamuan makan kerajaan.

Menarik bukan? Selain berlibur, Kita juga dapat lebih mengenal sejarah dari kota Jogja itu sendiri.

Nah, jika Anda berencana mengungjungi kota Jogja, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk dating ke Taman sari Jogja.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

shares
Customer Support