Tempat Wisata dengan Spot Sunrise Terbaik di Jogja

wisata sunrise jogja

Sunrise atau matahari terbit memang bisa dilihat dari mana saja. Namun ada beberapa spot yang menjadi tempat terbaik untuk menikmati indahnya sunrise. Jika kebetulan Anda sedang berada di Jogja, maka ada beberapa spot terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda jika ingin menikmati awal hari dengan melihat sunrise yang menakjubkan.

wisata sunrise di jogja

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata dengan Spot sunrise terbaik di Jogja

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah komplek bangunan candi Buddha terbesar di dunia. Terdapat 1460 relief dan 504 stupa yang ada di kawasan wisata ini. Banyak wisatawan local maupun asing yang mengunjungi candi ini.

Candi Borobudur sendiri sebenarnya dibuka mulai pukul 06.00. waktu terbitnya matahari memang sudah terlewat jauh untuk bisa Anda nikmati dari kawasan candi Borobudur ini. Ada satu trik yang bisa Anda lakukan jika ingin menikmati sunrise dari dalam kawasan candi ini.

Cara untuk bisa mendapatkan sunrise dari dalam kawasan candi Borobudur adalah dengan menginap di hotel Manohara yang terletak di kompleks Taman Wisata Borobudur. Nah, hotel ini sendiri memiliki akses langsung bagi tamunya untuk bisa naik ke Candi Borobudur dan menikmati sunrise.

Dengan menginap di Hotel Manohara inilah Anda bisa berkesempatan untuk memulai hari dengan melihat matahari terbit dari atas Candi Borobudur.

Dibuka setiap hari mulai pukul 6.00 hingga pukul 17.00.

TIket masuk kawasan wisata Candi Borobudur Rp 50.000 per orang untuk wisatawan dalam negeri, sedangkan $25 ( Rp 354.000) untuk wisatawan luar negeri.

Lokasinya berada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

  1. Candi Prambanan

Selain candi Borobudur, candi prambanan juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk Anda yang sedang mengejar indahnya sunrise di kota Jogja. Candi ini juga merupakan salah satu pusat perhatian wisatawan yang datang ke Jogja sama seperti candi Borobudur.

Candi prambanan merupakan bangunan candi hindu terbesar di asia ternggara. Di dalam kompleks candi prambanan ini terhitung ada 240 candi yang masih berdiri hingga saat ini. Namun ada sebagian candi yang tidak dalam bentuk utuh. Dan hanya ada 18 candi dalam keadaan utuh yang tersisa.

Di dalam kawasan candi prambanan Anda bisa berkeliling kompleks candi sambil belajar sejarah dan budaya hindu jaman dahulu. Anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selai itu Anda juga bisa hunting foto untuk mengabadikan momen seru bersama keluarga, teman atau pasangan.

Dibuka  setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00.

TIket masuk kawasan wisata Candi Prambanan Rp 50.000 per orang untuk wisatawan dalam negeri, sedangkan $25 ( Rp 354.000) untuk wisatawan luar negeri.

Lokasinya berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

  1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, dan tingkat ke populerannya tidak kalah dari Candi Prambanan juga. Kawasan wisata ini juga tidak kalah indah sebagai tempat untuk menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari. Situs ini berada di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl.

Di kawasan wisata camdi ratu boko ini terdapat bangunan peninggalan berupa gapura istana, ruang pembakaran hingga pemandian, namun sayangnya bangunan sudah tidak utuh lagi. Meski demikian keindahan dari candi ratu boko tetap bisa terpancar dengan jelas.

Tempat ini memang sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu spot berfoto terbaik yang ada di Jogja. Sudah banyak foto yang bagus dengan berlatarkan candi ratu boko yang beredar di social media. Bahkan banyak pasangan yang hendak menikah memustuskan untuk melakukan foto prewedding di kawasan ini.

Dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00.

Tiket masuk kawasan wisata candi ratu boko Rp 25.000 (untuk 6 thn ke atas) | Rp 10.000 (6 thn Ke bawah) | 13 Dollar untuk wisatawan asing.

Lokasinya berada di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo masih menyimpan keistimewaannya hingga saat ini, yaitu Anda bisa menyaksikan sunrise yang menakjubkan dari atas puncak gunung. Untuk mendapat semua keindahan sunrise dari puncak suroloyo, maka Anda harus menaiki 286 anak tangga sampai ke puncak suroloyo. Namun semua tenaga dan usaha yang terkuras akan terbayarkan begitu matahari menampakan diri.

Untuk mendapatkan sunrise yang indah ini, Anda bisa melakukannya dengan du acara. Cara yang pertama adalah Anda menaiki tangga dari jam 03.00 atau 03.30 dini hari sebelum matahari terbit tiba. Atau Anda melakukan cara yang kedua yaitu Anda bisa bermalam di atas puncak Suroloyo dengan mendirikan tenda.

Tenang saja, di kawasan wisata  ini Anda bisa camping dengan tenang kok. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti toilet umum, dan Anda juga bisa membeli jajanan di warung-warung kecil yang ada. Puncak suroloyo sendiri memiliki ketinggian mencapai 2000 mdpl.

Dari atas sinilah Anda bisa menikati kota Jogja dari atas awan. Atau Anda juga bisa menikati lanskap Candi Borobudur yang indah dari atas ketinggian.

Yang menariknya lagi dari puncak suroloyo ini adalah Anda bisa menikati langsung Kopi Suroloyo yang sangat terkeal itu. Biji kopi yang diambil langsung dari kebun milik masyarakat sekitar dan di roasting sendiri oleh mereka.

Dibuka setiap hari 24 jam sehari. Anda bisa bebas kapanpun berkunjung ke puncak suroloyo ketika sedang berlibur di Jogja.

Tiket masuk kawasan wisata Puncak Suroloyo pun tergolong sangat murah yaitu Rp 5000 per orang.

Lokasinya berada di Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi hingga membuat Anda kesusahan saat mendakinya, Gunung ini hanya 700 mdpl saja. Anda bisa datang pagi-pagi buta sebelum matahari terbit, atau Anda juga bisa bermalam di area camping yang tersedia di kawasan Gunung ini.

Anda hanya perlu mendaki selama kurang lebih 1 jam saja. Puncak Gunung Nglanggeran ini merupakan batuan besar bekas endapan lava vulkanik dari aktivitas Gunung Purba Nglanggeran. Tempat camping atau camp ground memiliki ukuran yang cukup luas, dan cocok menjadi tempat untuk menhabiskan malam bersama teman atau keluarga.

Dari kawasan wisata ini juga Anda bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise. Anda bisa menikmati matahari terbit pada pukul 05.00 hingga 06.30. dan matahari terbenam ketika pukul 16.30 hingga 18.00.

Gunung Nglanggeran ini dibuka setiap saat, 24 jam sehari.

Tiket masuknya Rp 15.000 siang hari | Rp 20.000 malam hari | Rp 30.000 wisatawan asing

Lokasinya berada di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata dengan spot terbaik untuk menikmati sunrise di Jogja.

 

shares
Customer Support