Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro

wisata jogja malioboro

Jogja memang menjadi salah satu kota yang hampir 100% masyarakat Indonesia tahu. Tapi tahukah Anda jika orang luar negeri ternyata lebih mengenal Malioboro ketimbang Jogja. Wisatawan asing yang datang untuk berlibur ke Indonesia khususnya ke kota Jogja pasti akan datang ke Malioboro karena Malioboro dikenal dengan pusat berbelanja barang dan oleh-oleh.

Selain itu Jogja juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang beragam serta aneka macam kuliner tradisional dan kekinian yang menarik untuk di coba, jadi wasajr saja jika wisatawan asing lebih kenal Malioboro ketimbang Jogja.

Nah, jika Anda sedang berada di sekitaran Malioboro, atau Anda hendak mengunjungi Malioboro, Anda bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitaran Malioboro untuk mengisi waktu luang Anda sekaligus me- refresh diri Anda dari kegiatan pekerjaan yang melelahkan.

wisata jogja dekat malioboro

Inilah tempat wisata Jogja yang dekat dengan Malioboro

  1. Jalan Malioboro

Tempat yang satu ini memang menjadi ikon wisata Jogja khususnya Maliboro, Anda bisa jalan-jalan, berbelanja, berfoto, dan menikmati kuliner serta melihat pertunjukan seni. Tempat ini sangat wajib Anda kunjungi bila berlibur di kota Jogja karena hampir setiap orang yang berlibur atau mengunjungi Jogja akan singgah dulu ke Jalan Malioboro ini.

Untuk dapat menikmati indahnya jalan Malioboro, Anda bisa datang pada saat sore dan malam hari, karena kawasan ini akan diterangi oleh sinar lampu dipinggir jalan yang menambah suasana nyaman. Jika pada siang hari, kawasan ini biasanya dipadati kendaraan dan cuaca biasanya  panas.

Lokasinya berada di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY.

  1. Titik Nol Kilometer

Kawasan ini merupakan tempat berdirinya sejumlah bangunan peninggalan Belanda. Disebut juga sebagai loji. Pada saat malam tiba, bangunan-bangunan tersebut tampat lebih indah saat dihiasi lampu yang menyinari seluruh kawasan.

Lokasinya sangat strategis, tempat ini juga dijadikan lokasi berkumpulnya para wisatawan serta seniman. Banyak orang yang berdandan dengan gaya patung, hantu, robot, dan lain sebagainya. Lokasi ini juga kerap digunakan untuk berbagai event.

Lokasinya berada di Jl. Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibuat oleh Belanda pada jaman kolonialisme dengan tujuan utamanya yaitu memberikan efek intimidatif pada Keraton Jogja. Benteng yang pada awalnya diberinama benteng Rustenberg ini juga memiliki peran penting, dimana benteng ini menjadi markas resmi VOC untuk memata-matai pergerakan dari Keraton.

Benteng ini memiliki sejarah yang panjang dan sangat menarik untuk Anda ketahui, Anda bisa mengunjunginya saat berlibur ke Jogja. Banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang akan membangkitkan semangat kita.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi perut di Indische Koffie, sebuah kafe yang berada didalam benteng Vredeburg. Suasana dan interiornya bernuasansa klasik dan elegan yang menyatu dengan bangunan khas colonial. Menu makanan dan minuman yang daitawarkanpun beragam, mulai dari menu khas indaonesia hingga menu khas Eropa sana.

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

  1. Pasar Beringharjo

Tak lengkap rasanya jika berlibur dan tidak berbelanja oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan barang-barang khas Jogja di pasar ini. Terdapat banyak aneka ragam batik, barang unik, kriya, dan lainnya yang dijual dengan harga murah.

Pasar Beringharjo ini seakan wajib dikunjungi oleh para wisatawan local maupun asing. Di pasar ini Anda bisa menemui banyak barang-brang dan oleh-oleh khas Jogja.

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.

  1. Taman Pintar

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jogja khususnya dekat dengan Malioboro bersama keluarga dan si kecil, maka Anda bisa mengajaknya liburan sambil belajar banyak hal di Taman Pintar ini. Anda bisa menemukan banyak aneka wahana sains yang keren. Ada terowongan ilusi, hingga simulasi gempa bumi yang bisa Anda coba.

Di bagian indoor taman ini, ada banyak atraksi yang sangat menarik. Terdapat ruangan sains & tekhologi yang keren, ada juga Ruang Profesi yang bisa kunjungi, jadi Anda dan keluarga bisa mengetahui berbagai macam profesi pekerjaan yang keren.

Anda juga bisa mempelajari kembali sejarah terbentuknya alam semesta, dunia bawah air, zaman dinosaurus di taman Pintar ini. Disini juga terdapat bioskop 4 dimensi yang akan memberikan kesan baru dalam menonton sebuah film.

Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa mencoba berbagai kegiatan kreatif dengan mengikuti program kreasi batik atau lukis kaos yang bisa dicoba saat berada di Taman Pintar ini. Menarik bukan?

Dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.00 dengan tiket masuk beragam.

Tiket masuk Rp 12.000 (anak-anak) | Rp 20.000 (dewasa) | Rp 22.000 (planetarium)

Dan ada pula berbagai rogram kreativitas dan wahana yang dikenakan biaya dan tiket masuk tambahan mulai dari Rp 3000 hingga Rp 45.000 per orang.

Lokasinya berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55122

  1. Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-alun kidul jogja biasa disebuut juga dengan nama Alkid oleh warga Jogja. Anda bisa menghabiskan malam Anda bersama keluarga atau kekasih dengan besantai di Alkid, Anda juga bisa berkeliling menaiki becak dengan tarif 25.000-30.000 saja.

Disini Anda bisa menikmati malam dengan bersantai sambil menikmati jajanan yang dijual oleh para pedagang di kawasan Alkid ini. Disini Anda bisa menemukan Wedang ronde khas Jogja.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Alkid ini yaitu “Berjalan dengan mata tertutup sambil berusaha melewati dua pohon beringin kembar di tengah alun-alun yang konon katanya hanya orang dengan hati bersih dan positiflah yang dapat melewati dua pohon beringin itu.

Lokasinya berada di Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY.

  1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Nah, berbeda dengan tempat wisata yang sudah dibahas sebelumnya, kali ini kita membahas salah satu kuliner khas Jogja dekat Malioboro yang sangat terkenal yaitu Angkirngan Kopi Jos Lik Man yang banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Koopi Joss sendiri adalah kopi yang diseduh dengan air panas lalu ditambahkan bara arang panas ke dalamnya. Nama kopi joss sendiri di dapat dari proses masuknya arang tadi kedalam secangkir kopi sehingga menghasilkan suara khas yang terdengar “ Josss” dari situlah nama kopi ini berasal.

Selain kopi yang legendaris itu, angkringan ini juga menyediakan beragam kulinner khas Jogja yang biasa ditemui di angkringan lainnya seperti nasi kucing, gorengan, mie rebus, mie goring, sate telur, dan jajanan lainnya.

Lokasinya berada di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Nah, itulah beberapa tempat wisata Jogja yang dekat dengan Malioboro.

shares
Customer Support