Wisata Edukasi Menarik Di Jogja

museum di jogja

Yogyakarta memang tidak pernah sepi pengunjung bahkan di hari-hari biasa, apalagi saat musim libur tiba. Aneka macam wisata bisa di temui di Kota ini, mulai dari wisata alam yang menakjubkan hingga wisata edukasi yang menyenangkan.

Ada banyak tempat wisata edukasi yang bisa menambah pengetahuan Anda dan keluarga mengenai ilmu pegetahuan juga sejarah serta budaya. Ada banyak pilihan museum di Jogja yang keren dan menarik untuk di kunjungi, yang pasti tidak akan membosankan.

wisata edukasi di jogja

Inilah Museum Wisata Edukasi Menarik di Jogja

  1. Museum Taman Pintar

Di Taman Pintar ini Anda bisa menemukan banyak aneka wahana sains yang keren. Ada terowongan ilusi, hingga simulasi gempa bumi yang bisa Anda coba.

Di bagian indoor taman ini, ada banyak atraksi yang sangat menarik. Terdapat ruangan sains & teknologi yang keren, ada juga Ruang Profesi yang bisa kunjungi, jadi Anda dan keluarga bisa mengetahui berbagai macam profesi pekerjaan keren yang bisa si kecil coba lakukan.

Anda juga bisa mempelajari kembali sejarah terbentuknya alam semesta, dunia bawah air, zaman dinosaurus di taman Pintar ini. Disini juga terdapat bioskop 4 dimensi yang akan memberikan kesan baru dalam menonton sebuah film.

Dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.00 dengan tiket masuk beragam.

Tiket masuk Rp 12.000 (anak-anak) | Rp 20.000 (dewasa) | Rp 22.000 (planetarium)

Lokasinya berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55122

  1. Museum Sandi

Museum Sandi merupakan wujud dari pentingnya sebuah sandi agar strategi para pejuang tidak mudah dibaca oleh penjajah. Karena pentingnya sandi inilah lembaga sandi negara bekerja sama dengan kementrian kebudayaan dan pariwisata membangun museum sandi yang merupakan satu-satunya diindonesia.

Disini Anda bisa melihat dan mempelajari banyak sandi mulai dari koleksi mesin sandi buatan Indonesia hingga luar negeri, buku sandi, dan dokumentasi persandian dalam bentuk gambar dan diorama. Ada juga sepeda kurir pengantar sandi rahasia yang digunakan pada masa itu.

Yang lebih menarik adalah Anda bisa mencoba untuk membuat dan memecahkan sebuah sandi yang ada.

Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00

Lokasinya berada di Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

  1. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Seperti kita ketahui bahwa Jogja adalah salah satu kota lahirnya Angkatan Udara Republik Indonesia. Itulah mengapa Museum ini didirikan di kota Jogja. Di resmikan pada tanggal 4 April 1969 di Jakarta. Namun pada tanggal 29 Juli 1978 museum ini dipindahkan ke Yogyakarta.

Dengan bangunan yang identik dengan pesawat terbang, disini Anda bisa melihat dan mencoba memasuki berbagai macam koleksi pesawat terbang militer milik Indonesia. Disini juga terdapat replika pesawat pertama buatan Indonesia yaitu Pesawat WEL-I RI-X.

Disini juga terdapat studio foto ala pilot pesawat jet tempur yang bisa melengkapi koleksi foto Anda di tempat-tempat menarik.

Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 dengan tiket yang sangat murah.

Tiket masuk Rp 3000 per orang.

Lokasinya berada di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibuat oleh Belanda pada jaman kolonialisme dengan tujuan utamanya yaitu memberikan efek intimidatif pada Keraton Jogja. Benteng yang pada awalnya diberinama benteng Rustenberg ini juga memiliki peran penting, dimana benteng ini menjadi markas resmi VOC untuk memata-matai pergerakan dari Keraton.

Benteng ini memiliki sejarah yang panjang dan sangat menarik untuk Anda ketahui, Anda bisa mengunjunginya saat berlibur ke Jogja. Banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang akan membangkitkan semangat kita.

Dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00 dengan tiket masuk yang sangat murah.

Tiket masuk Rp 2000 – Rp 3000 per orang

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

  1. Museum Monumen Jogja Kembali

Dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan tujuan menandakan keberhasilan Indonesia merebut kembali Jogja dari tangan Belanda. Bangunan ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan para pejuang Indonesia khususnya Yogyakarta dalam merebut kembali kemerdekaan.

Pada pintu masuk, terdapat 422 nama yang dipahat dengan rapi, nama-nama tersebut merupakan nama para pahlawan yang gugur Wehrkreise III (RIS) pada tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949.

Selain mengenal sejarah Jogja dan Indonesia, Anda juga akan menemukan banyak spot menarik untuk berfoto dan mengabadikan momen.

Dibuka setiap hari  mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 dengan tiket masuk terjangkau

Tiket masuk Rp 10.000 per orang

Lokasinya berada di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

  1. Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM dulunya bernama Museum Zoologicum dan berdiri sejak tahun 1964. Sesuai dengan namanya, di museum ini terdapat banyak koleksi binatang dan tumbuhan yang jumlahnya kurang lebih mencapai 4000 spesimen.

Salah satu koleksi yang terkenal dan wajib anda lihat jika berkunjung ke museum ini adalah kerangka Gajah Nyi Bodro yang berasal dari keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain itu, ada juga Badak Jawa, Dugong, Kuda, dan walabi.

Selain dari binatang,ada juga koleksi tanaman herbarium serta tanaman pengobatan tradisional yang khas.

Dibuka mulai senin – jumat mulai pukul 08.00 hingga 16.00. pada sabtu dan minggu, atau hari libur nasional lainnya museum ini tutup.

Tiket masuk untuk wisatawan local Rp 5.000 (pelajar) | Rp 7.000 (umum)

Tiket Masuk untuk wisatawan asing Rp 15.000

Lokasinya berada di Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

  1. Museum Affandi

Affandi merupakan seorang pelukis asal Indonesia yang terkenal karena karya-karya lukisnya yang diakui oleh dunia internasional. Didalam museum affandi ini Anda bisa melihat kurang lebih 300 karya lukis Affandi dan beberapa karya lukis dari pelukis Indonesia lainnya.

Selain menjadi tempat wisata edukasi, tempat ini juga memiliki banyak spot menarik untuk berfoto.

Dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 dengan harga tiket yang cukup terjangkau.

Tiket masuk Rp 25.000 untuk wisatawan local dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing.

Lokasinya berada di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  1. Museum Coklat Monggo

Jika anda merupakan seorang penggemar coklat, mendengar kata coklat monggo mungkin sudah tidak asing ditelinga anda. Merk coklat asli Indonesia yang mendunia ini ternyata memiliki museum sendiri yang berdiri belum lama, yaitu sekitar pertengahan Januari 2017.

Di museum coklat monggo ini berisi aneka ragam informasi mengenai sejarah coklat di Indonesia, mulai dari coklat monggo hingga coklat-coklat lainnya yang terdapat di Indonesia.

Hal menarik yang bisa anda lakukan selama di museum ini adalah anda bisa berkeliling area pabrik sekaligus membuat coklat dengan kreasi sendiri.

Dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00

Tiket masuk untuk wisatawan Rp 10.000 per orang

Lokasinya berada di Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

  1. Museum Ullen Selatu

Museum ini berdiri di lereng Gunung Merapi dan berada di atas hutan pegunungan dengan suasana yang sejuk dan damai.

Koleksi benda-benda didalamnya merupakan dokumentasi dari evolusi budaya jasa sejak Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, Pajang, hingga Keraton Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegara, dan Pakualaman.

Museum ullen selatu ini menimpan koleksinya di dalam rumah-rumah kecil yang terbuat dari batu, jalan menuju rumah-rumah tersebut dibuat menyerupai labirin, sehingga menarik untuk di coba. Disini juga Anda bisa mencicipi ramuan minuman awet muda yaitu Wedang Ratu Mas.

Dibuka mulai selasa- jumat mulai pukul 08.00 hingga 16.00 dan sabtu-minggu mulai pukul 08.30 hingga 17.00.

Tiket masuk untuk wisatawan local Rp 20.000 (anak-anak) | Rp 40.000 (dewasa)

Tiket Masuk untuk wisatawan asing Rp 60.000 (anak-anak) | Rp 100.000 (dewasa)

Lokasinya berada di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Nah itulah sederet wisata edukasi yang menarik untuk anda kunjungi jika ingin mendapat banyak ilmu sejarah dengan cara yang menyenangkan.

 

 

 

shares
Customer Support