Wisata Jogja Candi Prambanan

Wisata Jogja Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu yang terdapat di Indonesia. Candi Prambanan telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia ppada tahun 1991.

Terletak tidak jauh dari Candi Borobudur yang merupakan Candi Buddha menjadi salah satu bukti bahwa dahulu agama Hindu dan Buddha hidup berdampingan dengan rukun.

Candi Prambanan memiliki sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini, berbeda dengan cerita rakyat Roro Jonggrang yang menyebutkan candi Prambanan memiliki 1000 buah candi.

Menurut prasasti Siwaghra yang saat ini tersimpan di Museum Nasional Indonesia menyebutkan bahwa nama asli Candi prambanan adalah Siwaghra yang bersalah dari bahasa sansaketa, yang mempunyai arti Rumah Siwa. Siwa sendiri adalah Dewa Penghancur yang disembah ajaran Hindu.

Di kompleks Candi Prambanan ini terdapat sebuah museum berbentuk rumah joglo yang berisikan koleksi benda-benda yang berhasil di temukan di sekitar candi dahulu seperti arca dan bebatuan purbakala.

 

Sejarah Candi Prambanan

Awal berdirinya kompleks candi Prambanan memiliki dua kisah yaitu cerita Roro Jonggrang dan sejarah dibangunnya candi ini pada masa kerajaan Hindu di Jawa.

Cerita Roro Jonggrang menyebutkan bahwa pada saat itu terdapat seorang puti kerajaan yang dikenal dengan kencantikannya yang membuat banyak pemuda melamar sang puti yang bernama Roro Jonggrang.

Bandung Bondowoso adalah salah satu pemuda yang melamarnya, pemuda ini dikenal dengan kesaktiannya, namun Roro Jonggang tidak menyukainya. Tetapi Roro Jonggrang tidak dapat menolaknya secara langsung.

Dengan begitu, Roro Jonggang pun membuat 1 syarat yang harus dipenuhi Bandung Bondowoso jika syarat ini terpenuhi maka Roro Jonggrang bersedia menikah dengan Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang pun meminta bandung Bondowoso mendirikan 1000 Candi dalam waktu semalam. Namun ternyata Bandung Bondowoso menyanggupinya.

Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi. Karena merasa takur, Roro Jonggrang pun mempunyai ide untuk menumbuk padi yang bertujuan membuat ayam berkokok. Dan hal itu pun terjadi.

Ayam telah berkokok, sementara Bandung Bondowoso baru menyelesaikan 999 candi. Tidak lama kemudian Bandung Bondowoso mengetahui kecurangan  yang dilakukan Roro Jonggrang. Ia pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah candi yang melengkapi jumlah candi menjadi 1000 buah.

Candi Dewa Siwa yang merupakan Candi induk itulah yang di percaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang setelah dikutuk.

Berbeda dengan penelitian para ahli yang menyebutkan bahwa Canda Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 yaitu pada masa Dinasti Sanjaya.

 

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Candi Prambanan

Anda bisa melakukan berbagai hal menyenangkan di komplek Candi Hindu termegah di Asia ini seperti :

 

1). Mengenal seni sastra dan cerita Hindu

Anda bisa membaca cerita lewat relief yang terdapat di candi, Anda harus masuk dari pintu timur kemudian berjalan mengitari Candi Trimurti searah putaran jarum jam. Anda bisa menggunakan jasa pemandu agar tidak kebingungan membaca reliefnya.

Anda juga bisa mengungjugi museum yang berada di bagian utara. Anda tidak perlu lagi membayar biaya masuk.

 

2). Hunting Foto

Anda juga bisa mengambil foto dari berbagai sudut candi Prambanan yang cantik dan kokoh. Pada malam hari tempat ini semakin cantik dengan lampu-lampu yang menyala.

 

3). Berburu Suvenir

Di kompleks tempat wisata ini pun telah dibangun banyak kios yang menjual suvenir khas Candi Prambanan seperti Kaos, gantungan kunci, kalung, gelang, serta miniatur candi Prambanan.

 

Sedikit saran bagi Anda yang ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda. Datanglah pada malam purnama satiap bulannya sekitar pukul 20.00 – 22.00. karena pada saat itu akan digelar pertunjukan sendratari Ramayana di panggung terbuka Trimurti.

Pertunjukan ini hanya di gelar pada musim kemarau, sementara pada musim hujan lokasi pertunjukan dipindahkan ke panggung tertutup.

 

Candri Prambanan Buka Setiap Hari Pukul 06.00 – 17.00

Dan pada saat pertunjukan Sendratari Ramayana, Anda masih bisa masuk ke Candi Prambanan pada malam hari setelah membeli tiket.

 

Harga tiket Masuk Candi Prambanan

  • Dewasa : Rp 30.000 ,- untuk WNI dan 18 USD untuk WNA
  • Anak-anak : Rp 12.500 ,- untuk WNI dan 9 USD untuk WNA

Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu.

Candi Prambanan ini terletak di dua Kabupaten dan dua Provinsi sekaligus yaitu Sleman Yogyakarta dan Klaten Jawa Tengah.

 

Kota terdekat dari Prambanan adalah kota Yogyakarta (17 KM barat daya) dan Klaten (3 KM utara).

Anda bisa menaiki Transjogja yang berhenti di halte pasar Prambanan. Bagi Anda yang dari stasiun juga bisa menaiki Transjogja jalur 1A dan naik dari halte mangku bumi, atau anda bisa menggunakan Taksi dan rental mobil di seitar stasiun kereta api Tugu Yogyakarta dan kawasan Malioboro.

Bagi Anda yang dari Bandara Adisutjipto, anda bisa menaiki kereta Prambanan ekspress dan turun di stasiun bandara Adisutjipto kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan Transjogja jalur 1A, atau taksi dan rental mobil yang tersedia.

Anda pun bisa menggunakan Kendaraan Pribadi, anda cukup melalui jalan raya Solo – Yogya yang bisa di akses dari jalan lingkar luaar Yogya atau dari dalam kota Yogya melalui Laksda Adisutjipto.

 

Tempat Wisata disekitar Candi Prambanan :

Setelah puas menikmati keindahan Candi Prambanan, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang terletak di sekitar Candi Prambanan.

 

1). Spot Riyadi

Anda hanya perlu sedikit keluar dari kompleks candi Prambanan ke sebelah selatan, ada area ngopi dan sop yang begus letaknya dibukit. View utama bisa melihat candi dari atas bukit. Sangat pas dikunjugi di pagi dan sore hari, anda bisa ngopi dan jajan di warung yang ada di Spot Riyadi.

 

2). Banyu Nibo

Wisata Banyu Nibo yang dalam bahasa Indonesia berarti air jatuh ini lokasinya sejuk. Menyediakan area panahan, area gazebo, lapangan yang luas, dan sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

 

3). Tebing Breksi

Wisata ini cukup populer sampai saat ini. Tebing Breksi menyuguhkan panorama yang indah dari atas bukit, apalagi jika di malam hari. Spot untuk berfoto bisa anda temukan di area tebing.

 

4). Candi Abang

Terletak di Desa Jogotirto, kecamatan Berbah. Tidak jauh dari candi Prambanan, candi Abang ini menyuguhkan panorama indah seperti yang terdapat di serial Teletubbies. Tiket masuk Gratis, Anda hanya perlu membayar parkir saja.

 

5). Candi Ijo

Tempat ini sangat cocok jika Anda ingin menikmati Sunset dengan cara yang berbeda, karena candi Ijo ini merupakan candi Tertinggi di Jogja.

 

6). Pantai Sandranan

Belum lengkap rasanya jika membahas lokasi wisata tanpa membahas pantai. Nah bagi anda yang senang pergi ke pantai, Pantai Sandranan ini tidak begitu jauh dengan Candi Prambanan.

Dengan biaya masuk 10 ribu perorangnya, anda bisa menikmati keindahan pantai Sandranan ini. Anda juga bisa menjajal berbagai macam wahana yang bisa anda nikmati seperti jet ski yang dapat memacu adrenalin anda.

Biaya sewanya adalah 250 ribu lengkap dengan peralatan safety yang berstandar internasional.

Anda juga bisa menjajal perahu Kano yang dapat anda sewa untuk berkelilin sekitar pantai sebesar 50 ribu.

anda juga bisa menikmati keindahan laut dengan Snorkeling dengan membayar 50 ribu saja. Anda akan di lengkapi peralatan snorkeling lengkap dan berstadar internasional serta didampingi guide yang akan membantu mengambil beberapa gambar di bawah laut dan menuntun anda melihat view yang bagus.

Anda juga bisa menghabiskan penghujung jari dengan menikmati sunset di pantai Sandranan ini.

Nah itulah beberapa Informasi yang bisa saya sampaikan tentang wisata Jogja Candi Prambanan dan beberapa Wisata yang ada di sekitarnya.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

shares
Customer Support