6 Wisata Religi di Jogja untuk Tenangkan Pikiran sambil Liburan

wisata religi jogja

Kota Jogja selalu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk liburan, baik sendiri maupun bersama teman, pasangan atau rombongan keluarga. Banyaknya destinasi wisata yang bisa dikunjungi membuat kota ini menjadi kota yang selalu ramai pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak orang yang rindu dan selalu ingin kembali mengunjungi kota Jogja di saat ada waktu senggang. Di setiap sudut Jogja manapun selalu kita temui tempat-tempat wisata dan kuliner yang unik dan menarik.

Di kota ini anda bisa menemukan beragam keunikan yang bisa anda lihat. Anda bisa mempelajari banyak hal di Jogja. Salah satunya adalah wisata religi yang bisa anda jadikan tempat wisata yang menenangkan hari anda, bisa juga sambil mempelajari sejarah berbagai agama yang ada di Indonesia saat ini.

wisata religi di jogja

Inilah 6 Wisata Religi di Jogja

Jika anda tertarik mengunjungi tempat wisata religi yang ada di Jogja, anda bisa mengunjungi beberapa destinasi dibawah ini:

  1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid kauman atau sering juga disebut masjid agung Keraton dibangun pada abad ke 18, atau pada masa pemerintahan Hamengkubuwono I, tepatnya pada tanggal 29 Mei 1773 di alun-alun utara Yogyakarta dengan megah serta ornament klasik yang mampu bertahan ratusan tahun lamanya hingga saat ini.

Alamat: Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah

  1. Masjid Kotagede

Jika anda ingin mengunjungi masjid bersejarah yang ada di Jogja, maka anda tak boleh melewatkan masjid Kotagede ini, karena masjid ini merupakan yang tertua di Jogja. Dibangun pada jaman kejayaan kerajaan Mataram dibawah kekuasaan sultan agung tahun 1640.

Alamat: Jl. Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta, Indonesia

  1. Sendangsono

Nah, untuk anda yang beragama katolik, maupun tidak, anda bisa mengunjungi destinasi religi satu ini untuk menambah wawasan sejarah berdirinya bergam keagamaan yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah katolik.

Terletak di dalam bukit Menoreh, menjadikan kawasan Sendangsono ini sejuk serta terdapat gemericik air sungai yang mengalir di dekat lokasi Gua marina.

Alamat: Semagung, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672

  1. Gereja Ganjuran

Jika anda sedand berada di sekitaran Bantul, anda bisa mengunjungi gereja Ganjuran untuk melihat Yesus dalam balutan Jawa, dimana yesus dan bunda maria ditampilkan dengan busana campuran jawa dengan hindu.

Gereja ini dibangun pada tanggal 16 April 1924 oleh keluarga Schmutzer dengan nama Gereja Hai Kudus Tuhan Yesus. Gereja ini masih berfungsi untuk para jemaatnya merenung dan berdoa, tetapi siapapun yang ingin berkunjung diperbolehkan walaupun bukan umat katolik.

Alamat: Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Jogodayoh, Sumbermulyo, Kec. Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55764

  1. Pura Vaikuntha Vyomantara

Pura agama hindu dengan bangunan yang megah dan cantik ini berada di kawasan pangkalan TNI AU adisutjicto. Bangunan tempat beribadah umat hindu ini dibuka untuk umum, jadi siapapun boleh memasuki kawasan pura ini.

Walaupun pura ini dikatakan tidak seluas pura-pura yang terdapat di Bali, namun fasilitasnya cukup lengkap.

Alamat: Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

  1. Klenteng Gondomanan

Klenteng ini merupakan salah satu peninggalan etnis Tionghoa di Jogja. Nama lain dari klenteng gondomanan ini adalah klenteng Fuk Ling Miau, merupakan tempat ibadah umat agama Kong Hu Cu dan Agama Buddha di Jogja.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.3, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121

Nah, itulah 6 wisata religi di Jogja yang bisa untuk menenagkan hati anda sambil liburan, anda juga bisa sekalian beribadah dan berdoa sesuai dengan agama yang dianut, anda juga bisa mempelajari berbagai sejarah setiap agama yang ada di Indonesia.

shares
Customer Support